Sukses

Cek di Sini... 6 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Selama Januari

Indonesia diperkirakan masih berpotensi diguyur hujan lebat pada bulan Januari 2014. BMKG masih terus melakukan pantauan intensif.

Indonesia diperkirakan masih berpotensi diguyur hujan lebat pada bulan Januari 2014. Akumulasi curah hujan itu diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih berpotensi hujan lebat selama bulan Januari ini. Yakni Sumatera Selatan, Jawa, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan Nusa Tenggara. Kemungkinan besar potensi curah hujannya berkisar 400-500 mm per bulan, sehingga dalam skala harian dimungkinkan untuk terjadi hujan-hujan lebat," jelas Kepala BMKG Andi Eka Sakya dalam jumpa pers di kantor BMKG di Jakarta, Jumat (17/1/2014).

"Kita sedang mewaspadai. Karena sampai pertengahan Februari itu kita akan lihat, apakah ini puncak yang pertama atau memang puncaknya puncak," Sambung Eka.

Sampai saat ini, lanjut Andi, BMKG masih terus melakukan pantauan intensif terhadap perubahan cuaca selama bulan Januari ini. Terlebih, puncak musim penghujan di Indonesia masih akan berlangsung hingga Februari mendatang.

Secara klimatologis, wilayah Indonesia bagian selatan pada bulan Januari merupakan puncak hujan. Hal ini berkaitan dengan aktifnya angin baratan atau Monsun Asia yang sedang berlangsung.

Sejak bulan Desember 2013 sampai dengan pertengahan bulan Januari 2014 ini, di beberapa wilayah Indonesia bagian selatan memang mengalami hujan lebat atau hujan ekstrem yang mengakibatkan terjadi banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Cek di Sini, Titik Genangan Air di Jalan Jakarta
BNPB: Tinggi Muka Air Sungai di Jakarta Masih Aman
Kelapa Gading Banjir, Warga Ungsikan Mobil di Mal La Piazza
Ketinggian Air di Jalan Mangga Dua Jakarta Utara 50 Cm

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan

  • Banjir Jakarta