Sukses

Menteri PU: Tidak Ada yang Bisa Jamin Jakarta Bebas Banjir

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan, banjir yang melanda Ibukota tak akan pernah selesai. Mengapa?

Beberapa kali Ibukota dilumpuhkan oleh penyakit kronisnya, banjir. Program-program penanganan banjir pun disusun setiap tahun. Namun Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan, banjir yang melanda Ibukota tak akan pernah selesai.

"Saya bukannya nakut-nakutin. Tidak ada yang bisa menjamin Jakarta bisa bebas banjir. Apalagi kalau kegiatan non-struktural tidak dilakukan. Contohnya menanam pohon, membuang sampah di kali dan lain-lain," kata Djoko di kantornya, Jakarta, Rabu (15/1/2014).

"Banjir akan tetap datang," imbuhnya.

Menurut Djoko, meski pembangunan infrastruktur penanggulangan banjir terus dilakukan, namun selama tidak dibarengi dengan peremajaan lingkungan maka akan sulit mengatasi banjir.

"Kalau tidak diimbangi dengan kegiatan nonstruktural tadi tetap akan banjir. Saya yakin kegiatan non-struktural akan berperan lebih besar untuk penanganan banjir. Namun memang lebih sulit, sementara kegiatan struktural asal ada duit jalan," pungkas Djoko. (Ndy/Yus)

Baca juga:
Korban Banjir Kedoya Mengungsi di Rel, Laju KRL Diperlambat
`Pak Jokowi, Pengungsi Banjir Bidaracina Belum Dapat Bantuan!`
Penyebab Utama Jakarta Selalu Banjir Setiap Tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini