Sukses

`Bike One`, Sepeda Khusus Obama Plus Koper Isi Kode Bom Nuklir

Obama sudah punya dua kendaraan dinas: Air Force One dan Cadillac One. Musim panas depan ia mungkin bakal punya Bike One.

Barack Obama sudah punya dua kendaraan dinas: pesawat kepresidenan Air Force One juga mobil antipeluru yang memiliki kode resmi 'Cadillac One'.

Musim panas tahun depan, Presiden Amerika Serikat tersebut bakal mendapat sepeda kayuh khusus yang bisa ia naiki untuk bergowes keliling Pulau Martha's Vineyard -- seperti yang pernah dilakukan bersama Ibu Negara Michelle Obama dan dua putri mereka, Malia dan Sasha.

Sebuah perusahaan sepeda telah mendesain model khusus yang memenuhi kebutuhan sang presiden. Dengan harapan, Obama akan mempopulerkan moda transportasi ramah lingkungan itu. Bukan perusahaan Amerika Serikat, tapi Chile.

Dalam pernyataannya, perusahaan sepeda bernama Oxford itu mengatakan, "Jika kita semua menggunakan sepeda, tak bakal ada lagi perang minyak," seperti dimuat Daily Mail, 15 Januari 2014. Pernyataan itu sedikit menyinggung kebijakan luar negeri AS.

Sepeda itu rencananya akan dikirim ke Obama untuk memperingati peringatan dimulainya Perang Teluk I -- yang diawali invasi Irak atas Kuwait 2 Agustus 1990. "Dalam rangka memperingati 24 tahun sejak peristiwa Perang Teluk, kami akan mengirimkan kendaraan kepresidenan khusus untuk Barack Obama. Sudah cukup ia memakai Air Force dan Cadillac One, kami akan mengirimkan mesin yang tak butuh minyak."

Belum ada konfirmasi dari Obama maupun pihak Gedung Putih, soal apakah mereka akan menerima hadiah tersebut. Tapi, tak ada salahnya kita lihat seperti apa sepeda untuk orang nomor satu di AS itu.

Dari bentuknya, sepeda berwarna hitam itu sama seperti kendaraan kayuh normal. Bedanya adalah perabotannya.

Sepeda itu memiliki fitur ramah lingkungan, seperti  lampu LED yang ditenagai dinamo. Juga ban sepeda anti-peluru, tatakan Blackberry, dan ruang untuk koper berisi kode peluncuran senjata nuklir AS.



Sebuah situs menampilkan 'Bike One' dan mengungkap alasan diplomatik dan geopolitik di balik setiap fitur sepeda itu.

"Bike One dilengkapi 8 gigi untuk menunjukkan kekuatan diplomatik di setiap kondisi topografi: dari Caracas (Ibukota Venezuela) sampai Dataran Tinggi Golan -- semua bisa dilalui dengan nyaman," demikian pernyataan pabrik sepeda Oxford.

Bike One juga dilengkapi ban Hutchinson Serenity yang tahan tusukan karena menggunakan busa mikroselular bukannya angin, sehingga tak bakal gembos. Tak benar-benar antipeluru, memang.

"Seperti Cadillac-nya, saat menaikinya, Obama bisa tetap tenang karena tak bakal menemui kejutan yang menyenangkan. Tak ada paku payung, tidak ada lubang, tidak ada yang akan menusuk bannya," kata Oxford .

Sadel sepeda Brooks B17 saddle, buatan Inggris tapi memakai bahan dari Prancis, tak hanya membantu Obama agar tak merasa kehilangan kursi favoritnya di dekat meja biliar Gedung Putih, tetapi juga "mengkonsolidasikan 2 aliansi diplomatik tertua dan paling kuat AS".

Dan yang paling krusial, ada tempat untuk meletakkan koper kokoh yang selalu dibawa ke mana-mana oleh Obama, yang berisi kode untuk meluncurkan senjata nuklir AS.

"Koper tersebut dibuat oleh Zero Halliburton, perusahaan yang namanya mirip kontraktor utama pendahulu Obama selama Perang Teluk II," ujar Oxford. "Koper itu tak hanya kokoh dan cantik, tapi juga anti-air -- memungkinkan penggunaan tombol nuklir tanpa batasan cuaca apapun."

Bike One dipamerkan di Santiago, Chile selama beberapa hari. Lalu bertepatan dengan momentum Perang Teluk, sepeda itu akan dikirim ke Obama.

Manajer Pemasaran Oxford, Alberto Araya mengaku, pihaknya berharap Obama akan memakainya di Washington DC.

"Kami harapkan, dengan itu bisa mendorong orang menggunakan sepeda dan meninggalkan alat transportasi lain yang menimbulkan polusi, memicu stres, dan merusak kesehatan," kata dia.



Air Force dan Cadillac One

Jika Obama sudi menerima bingkisan itu. Maka ia akan memiliki 3 kendaraan dengan embel-embel istilah 'One': Air Force One, Cadillac One, dan Bike One.

Sudah jadi pengetahuan umum, burung besi kendaraan orang nomor satu AS dijuluki Air Force One. Sebenarnya sebutan ini berlaku untuk pesawat apapun, asalkan ada presiden AS di dalamnya.

Pesawat Boeing 747-200B yang dipakai Obama dikontrol tiga kru di kokpit ini memiliki kecepatan maksimal 955 kilometer per jam dan membutuhkan landasan pacu sepanjang 3.190 meter.

Panjangnya 70,6 meter, lebar 59,6 meter, dan kabin pesawat selebar 6,1 meter. Air Force One mampu menempuh perjalanan hingga 12.700 kilometer tanpa henti, dan memiliki kapasitas bahan bakar maksimum 199,158 liter.

Air Force One merupakan miniatur Gedung Putih. Begitu lengkap fasilitas yang ada dalam pesawat itu. Konon, dari dalam pesawat, Presiden AS bisa berkomunikasi dengan kapal selam AS maupun astronot yang sedang menjalankan misi.

Sementara, di darat,  ke manapun Barack Obama pergi, ia menggunakan mobil antipeluru. Kode resminya Cadillac One, juga populer dengan sebutan Obamamobile. Sementara oleh pasukan pengawal Secret Service, mobil itu berjuluk 'The Beast'.

Seperti dimuat Times of India, limosin yang mengangkut Obama dilengkapi perlindungan antipeluru tercanggih. Tak hanya tak bisa ditembus peluru, juga anti serangan roket granat.

Kaca antipeluru supertebal juga ampuh menangkal serangan gas air mata dan senapan gas. Saking tebalnya, suara kerumunan orang di luarnya hanya terdengar melalui pengeras suara internal.

Untuk melengkapi kaca antipeluru itu, bodi mobil setangguh kendaraan tempur militer dengan ketebalan sampai 5 inchi. Bannya bisa melaju dalam jarak relatif jauh meski tertusuk benda tajam. Sementara, berat pintunya setara dengan pintu kabin Boeing 757. (Ein/Ali)

Baca juga:

Penerbangan Eksklusif Air Force One: 2 Presiden, 3 Ibu Negara AS
Limusin Antipeluru Obama Mogok di Israel

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini