Sukses

18 Kelurahan di Jakarta Masih Terendam Banjir

Jumlah pengungsi saat ini fluktuatif karena beberapa pengungsi sudah memilih pulang untuk membersihkan rumah masing-masing.

Sebanyak 18 kelurahan di Jakarta hingga hari ini masih terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 10 centimeter-150 centimeter. Data tersebut berdasarkan catatan Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPDB) DKI pukul 06.00 WIB pagi tadi.

"Semula banjir ada di 31 kelurahan. Sekarang sudah berkurang jadi 18 kelurahan," kata Kepala Seksi Pengendalian BPBD DKI Basuki Rakhmat di Balaikota, Rabu (15/1/2014).

BPBD DKI mencatat kelurahan yang masih terendam banjir, yaitu Kelurahan Bidaracina dengan tinggi air 20 cm. Lalu Kelurahan Kampung Melayu setinggi 30-150 cm. Kemudian di Kelurahan Cililitan setinggi 20 cm, Kelurahan Kebon Manggis, Kelurahan Ulujami yang airnya setinggi 50 cm, Kelurahan Bintaro, Kelurahan Bukit Duri, Kelurahan Manggarai, dan Kelurahan Pengadegan.

Selain itu, banjir di Kelurahan Rawabuaya setinggi 80 cm, Kelurahan Kapuk setinggi 20-80 cm, Kelurahan Cengkareng Timur setinggi 20 cm, Kelurahan Kedaung Kali Angke setinggi 30 cm, Kelurahan Duri Kosambi setinggi 20 cm, Kelurahan Kembangan Utara setinggi 40-100 cm, Kelurahan Kedoya Utara setinggi 25 cm, Kelurahan Kedoya Selatan setinggi 150 cm, dan Kelurahan Wijaya Kusuma setinggi 25 cm.

"Jumlah pengungsi juga berkurang. Pengungsi yang masih bertahan di tempat pengungsian mencapai 2.761 jiwa dengan jumlah lokasi pengungsian mencapai 20 titik," ujar Basuki.

Ia menambahkan, jumlah pengungsi saat ini fluktuatif karena beberapa pengungsi sudah memilih pulang untuk membersihkan rumah masing-masing. Hanya, apabila kondisi cuaca belum memungkinkan, warga akan tetap bertahan di pengungsian.

"Jumlah pengungsi kita data pukul 06.00 tadi pagi. Tapi kalau dilihat sekarang mungkin sudah berkurang karena sebagian membersihkan rumah," ujarnya.

Pada belasan kelurahan tersebut tersedia posko pengungsian banjir, yaitu Kelurahan Bidara Cina di Posko RW 03, 06, dan 14. Di Kampung Melayu, posko di RS Hermina, Masjid Attaubin, Gereja Koinonia, dan Sudinkes Jakarta Timur. Kemudian, posko pengungsi Kelurahan Cililitan berada di Gang Setiawan serta Kelurahan Kebon Manggis di SDN 05.

Sementara di Kelurahan Ulujami posko pengungsi berlokasi di Sasana Krida, Bukit Duri, di Masjid At Tahiriah. Lalu, Kelurahan Pengadegan di GOR Kec. Pancoran, bekas SDN 09, Kantor Kecamatan Pancoran, madrasah, dan gedung LIA. Lalu di Kelurahan Rawa Buaya di Posko RW 01, 02, 03, serta Kelurahan Duri Kosambi di Ruko RT 13/17. (Yus/Ism)


Baca juga:

`Pesan Berantai` Jakarta Siaga I Banjir Dipastikan Bohong

3 Wilayah Jakarta Timur dengan Sampah Banjir Terbanyak

Banjir Ciledug Indah Surut, Dinas PU Dikerahkan Keruk Lumpur





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.