Sukses

Wamendikbud: Tak Ada Pungutan Buku, Semua Gratis

Wamendikbud bidang pendidikan, Musliar Kasim memastikan seluruh buku pelajaran kurikulum 2013 atau tahun ajaran 2014/2015 akan gratis.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menganggarkan pencetakan buku kurikulum 2013 sebesar Rp 11 triliun. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) daerah nantinya yang akan melakukan pengadaan pencetakan buku tersebut menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Aliran Khusus (DAK).

"Jadi, pengadaan buku tidak ada di Kemdikbud," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim di Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (15/1/2014).

Bahkan kata Musliar, buku-buku itu nantinya akan diberikan secara gratis kepada seluruh murid sekolah baik SD, SMP, dan SMA. "Tidak ada pungutan untuk buku, karena semuanya diberikan gratis," ungkapnya.

Kurikulum 2013 akan diterapkan secara keseluruhan mulai SD, SMP, dan SMA pada tahun ajaran 2014/2015. Para guru juga akan mendapat pelatihan mengenai kurikulum itu mulai Februari 2014 nanti.

Musliar memperkirakan buku pelajaran untuk kurikulum 2013 akan selesai pada bulan Februari 2014. Saat ini buku itu tengah disiapkan dalam bentuk digital atau e-book. "Bulan Februari diperkirakan sudah selesai," ujar Musliar. (Ant/Adm/Ism)

Baca juga:
Jokowi Setuju Bahasa Inggris Dihapus dari Kurikulum SD
7 Sekolah di Lombok Ditunjuk Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013
Kisruh Kurikulum, Serikat Guru Somasi Mendikbud



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.