Sukses

Bovie Sandhi: SHFIndo untuk Mengulang Kebahagiaan Masa Bocah

Childhood memories. Buat saya masa kecil yg tidak bisa diulang, kebahagiaan saat kita menonton film sekarang bisa saya rasakan lagi

Citizen6, Jakarta: "If you carry your childhood with you, you never become older.  ~Tom Stoppard"

Benar sekali, masa bocah adalah masa-masa yang paling menyenangkan. Mayoritas orang mengalami hal itu. Namun tak ada yang bisa menghentikan waktu. Mau tidak mau, kita berubah dari bocah yang lucu pelan-pelan menjadi orang dewasa, menua  dengan banyak tanggung jawab.

Karena itu, beberapa orang ingin mengenang dan ingin terus merasakan kebahagiaan masa bocah itu sampai saat ini.  Mereka berkumpul dan mencipta sebuah komunitas. Namanya action figure SHFiguarts.   

Menurut  Bovie Shandi, founder  komunitas SHFIndo berawal dari sebuah obrolan tentang action figure SHFiguarts keluaran Bandai, Jepang di Forum KafeGaul (Sekarang jadi NeoKG).

Dari situ akhirnya mereka  memutuskan membuat Facebook Group SHFiguarts Indonesia, agar lebih dekat dan bisa saling mengenal (add) antar anggota (https://www.facebook.com/groups/shfindo/). Menurut webnya, http://www.shfindo.com/ anggotanya kini telah mencapai ribuan orang dan tersebar di kota-kota di Indonesia.

Bovie menyukai action figure, bisa jadi karena dari kecil disuguhi tontonan berbau jepang seperti serial Tokusatsu (Kamen Rider, Super Sentai, Ultraman, dll), Anime (Digimon, Dragon Ball, dll), musik, game, dan juga komik-komiknya.

"Saya selalu menggagumi karakter Kotaro Minami (Ksatria Baja Hitam), sosok pembela kebenaran, siapa sih yang gak suka jadi pembela kebenaran dan menolong sesama? Bahkan sampai saat ini saya ingin HENSHIN (Berubah) menjadi sosok pahlawan tersebut.

Lebih lengkapnya, berikut hasil obrolan dengan Bovie Shandi di sela-sela kesibukannya bekerja di Adgency dan aktif di beberapa project.

Apa keasyikannya mengoleksi barang-barang itu?  

Yang asik adalah saat pulang kantor, pusing akan kerjaan, kita bisa pegang sejenak SHFiguarts itu.  Foto-foto juga  sangat membantu menghilangkan stress terharap pekerjaan hahaha..

Saya sendiri sudah pernah koleksi lebih dari 200 buah SHFiguarts, sekarang tinggal sedikit karena beberapa sudah saya jual. Jadi sekarang koleksi saya lebih fokus di Tokusatsu saja (Kamen Rider & Super Sentai).

Saya pernah mencari 1 action figure yang tergolong sulit ditemui. Sampai di online shop luar negeri pun sudah tidak ada. Akhirnya saya alokasikan uangnya untuk memberli action figure lain. Ternyata setelah uang terpakai ada teman saya yg jual barang itu.. Karena saya ingin sekali, maka terpaksa saya mengorbankan beberapa action figure untuk dijual demi barang langkat itu.

Apa makna figure-figure itu buat Bovie?

Childhood memories. Buat saya masa kecil yang tidak bisa diulang, kebahagiaan saat kita menonton film Kamen Rider Black (Ksatria Baja Hitam), Super Sentai (Power Rangers), sekarang bisa saya dan komunitas ini rasakan ketika  memegang dan memiliki SHFiguarts ini. Bukan untuk dimainkan, tapi sebagai koleksi kenangan masa kecil, untuk foto-foto berpose seperti aksi mereka di televisi dulu.

Apa tujuan dibentuknya komunitas ini?

Untuk menyebarkan lebih banyak senyuman. Banyak yang bilang, kita koleksi  action figure ini karena masa kecil yang  kurang bahagia, itu salah besar. Justru karena masa kecil kita bahagia makanya kita koleksi SHFiguarts ini agar senyum kebahagiaan saat kita kecil dulu terus terjaga hingga saat ini.

Apa saja aja kegiatan komunitas ini?

Kita ada regular chatroom (kopdar) perbulan per regional di seluruh Indonesia. Disitu kita biasanya sharing pendapat tentang action figure yang baru rilis, dan yang akan rilis mendatang. Kita juga share tentang cara merawatnya, dll. Kita juga melakukan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada rumah yatim, tujuannya sama. Agar anak-anak tersebut juga bisa tersenyum seperti kita.

Bagaimana respon masyarakat tentang komunitas ini?

Banyak yg mengagumi, tapi yang mencandai kita anak kecil juga gak sedikit hahaha.. Tapi ya kita malah bangga dikatakan anak kecil. Artinya kan awet muda :)) Member biasanya adalah para mahasiswa, first jobber sampai pekerja professional. Anak muda juga banyak kok, termasuk saya hahahaha..

Cara bergabung menjadi member?

Gampang! Tinggal menuju ke Facebook group kita di sini https://www.facebook.com/groups/shfindo/ request member, 1x24 jam akan diterima oleh admin. Atau bisa mention kita di twitter @shfindo (kw)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.