Sukses

Foto Topless di Empire State Building Berbuntut Gugatan Rp 13 M

Aksi sang fotografer, Allen Henson dianggap 'tak pantas' dilakukan di destinasi wisata keluarga.

Pemilik Empire State Building di New York menggugat fotografer yang melakukan pemotretan perempuan telanjang dada di dek observasi gedung pencakar langit tersebut.

Aksi sang fotografer, Allen Henson dianggap 'tak pantas' dilakukan di destinasi wisata keluarga. Apalagi, ia tak punya izin untuk melakukan pemotretan di sana. Atas perbuatan Henson itu, pihak pemilik menggugat ganti rugi sebesar US$ 1,1 juta atau 13,2 miliar.

Sementara, Henson berdalil, foto dengan model temannya itu diambil lewat ponsel pribadi dan "tak bernilai komersial".

Fotografer asal New York sekaligus veteran perang Irak mengaku mengetahui soal gugatan itu lewat media pada Senin lalu. Ia belum sempat menyewa pengacara.

"Itu bukan pemotretan," kata dia seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/1/2014). Henson menambahkan, model dalam foto tersebut adalah sahabatnya, model asal Texas bernama Shelby Carter. Foto itu diambul dari dek observasi di lantai 86.

"Kami pikir itu bakal jadi luar biasa, pemandangan bagus... tak ada yang salah," kata Henson. "Tak merugikan siapapun, tak ada anak-anak di sekitar kami."

Ia menambahkan, foto tersebut tidak dimaksudkan untuk kepentingan komersial. Dan, Henson mengaku ia belum mendapatkan uang sepeser pun dari gambarnya sejak foto itu diambil.

Apalagi, kata dia, turis-turis lain yang ada di sekitarnya pada 9 Agustus 2014 lalu juga mengambil foto dan video dengan ponsel pribadi mereka tanpa harus minta izin.

Dalam gugatan yang dimasukkan ke Pengadilan New York, perusahaan pemilik gedung dan yang mengoperasikan dek observasi berdalil, insiden tersebut mengancam kemampuan mereka untuk menjamin "tempat tersebut aman dan nyaman untuk keluarga dan turis".

Pihak ESRT Observatory dan ESRT Empire State Building juga mengklaim Henson mengabaikan proses perizinan untuk menggunakan citra obyek wisata populer yang menarik jutaan turis tiap tahunnya.

Sejarah Empire State Building

Empire State Building adalah sebuah pencakar langit berlantai 102 yang terletak di Midtown Manhattan, New York City, di persimpangan Fifth Avenue dan West 34th Street. Gedung ini memiliki tinggi puncak 381 meter. Jika menggabungkan menara antenanya, tinggi gedung ini mencapai 443,2 meter.

Namanya diambil dari julukan New York, yaitu Empire State. Empire State Building sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 40 tahun, sejak selesai dibangun tahun 1931 sampai rampungnya Menara Utara World Trade Center pada tahun 1972. Pasca-serangan 11 September tahun 2001, Empire State Building kembali menjadi bangunan tertinggi di New York

Empire State Building pada umumnya menjadi ikon budaya Amerika Serikat. Gedung ini dirancang dengan gaya Art Deco dan dijuluki sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Modern oleh American Society of Civil Engineers. (Ein/Sss)

Baca juga:

Ada Suara Misterius dari Eks Menara WTC, Warga New York Merinding
Ada Penampakan Wajah `Malaikat 9/11` di Puing Tabrakan WTC
Puing Pesawat Penabrak WTC Ditemukan Dekat Bangunan Masjid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini