Sukses

Sungai Meluap, Kota Cirebon Dikepung Banjir

Seluruh akses jalan protokol maupun kampung mengalami lumpuh akibat tergenang air.

Hujan deras yang mengguyur selama lebih dari 3 jam dan meluapnya sejumlah sungai mengakibatkan hampir seluruh wilayah di Kota Cirebon, Jawa Barat terendam banjir. Seluruh akses jalan protokol maupun kampung lumpuh akibat tergenang air.

Debit air yang terus naik ditambah buruknya sistem drainase di pusat kota membuat seluruh wilayah di Kota Cirebon ini terkepung banjir pada Selasa 14 Januari 2014 malam. Pantauan SCTV, ribuan rumah warga terendam air mencapai lebih dari 1 meter. Banjir kali ini merupakan banjir yang terparah dialami di Kota Cirebon.

Hampir seluruh akses jalan prtokol Kota Cirebon seperti Jalan Cipto dan Jalan Pemuda tergenang air dengan ketinggian mencapai 80 centimeter. Bahkan, sejumlah pengendara yang nekat menerjang genangan air harus mendorong kendaraannya lantaran mesin mogok.

Sementara ribuan rumah warga yang tersebar di sejumlah titik terendam air. Daerah terparah dialami perumahan umum (perum) yang berada di kecamatan Harjamukti. Di kawasan ini debit sungai yang terus meluap mengakibatkan rumah dan akses jalan tergenang air. Bahkan di sejumlah komplek ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Banjir yang melanda Kota Cirebon kali ini merupakan banjir yang terparah dibandingkan banjir sebelumnya, karena banjir kali ini mencakup di 5 kecamatan di Kota Cirebon. Warga masih bertahan di rumah masing-masing. Hanya bisa menunggu genangan air surut. (Rmn/Sss)

Baca juga:

Pengamat: Rekayasa Cuaca Bak Matikan Keran Air Bersih Jakarta
Banjir Jakarta Mulai Surut, Semua Sungai Aman
Pengungsi Banjir di Rel Kereta Pesing Belum Mendapat Bantuan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini