Sukses

Bus Tingkat Gratis Akan Beroperasi Akhir Januari di Jakarta

Meski gratis, bus tingkat tersebut akan tetap menggunakan sistem tiket bagi para penumpangnya.

Sebelum dioperasikan, 5 unit bus wisata tingkat yang didatangkan dari China akan dipamerkan lebih dulu di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). 'Pamer' bus tingkat itu dilakukan agar masyarakat lebih dulu mengetahui bahwa DKI Jakarta telah memiliki bus khusus melayani wisatawan yang datang ke Jakarta.

"Kamis selesai, Pak gubernur minta bus di-display dulu di HI. Supaya masyarakat Jakarta tahu bahwa Ibu Kota sudah punya fasilitas pelayanan turis yang sangat nyaman," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budiman saat di Jakarta International Container Terminal (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (14/1/2014).

Setelah dipamerkan, menurut Arie pihaknya terlebih dahulu melakukan ujicoba yang akan dilakukan pada pada hari Jumat atau hari Sabtu, pekan depan. Setelah uji coba, kelima bus wisata itu akan beroperasi mulai akhir Januari atau awal Februari.

Setelah diresmikan, kata Arie, bus itu akan beroperasi setiap hari sejak pukul 07.00 hingga 21.00 dan setiap penumpang dapat naik bus tanpa dipungut biaya alias gratis. "Memang jumlah armada ini masih kurang, karena idealnya kita harus ada 15-20 bus. Tapi ini secara bertahap akan kita penuhi," ucap Arie.

Karena tidak dipungut bayaran, pembiayaan operasional kelima unit bus itu seluruhnya ditanggung Pemprov DKI Jakarta. Namun demikian, bila ada pihak swasta yang ingin memberikan dana sosialnya kepada Pemprov DKI dalam bentuk pembiayaan operasional bus, dipersilahkan.

"Kalau nanti ada perusahaan yang menyumbang bus ini melalui CSR, kita akan pelajari apakah mereka akan sampai melakukan perawatan atau tidak," kata dia.

Meski gratis, Arie mengaku tetap memberlakukan sistem manajemen penyebaran tiket bagi para wisatawan yang naik bus tersebut. Tiket gratis itu akan disebar ke hotel atau agen perjalanan wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat yang banyak didatangi para wisatawan.

5 Unit bus tingkat tersebut terlihat cukup 'ngejreng' dengan dominasi warna ungu pada hampir seluruh bagian bus. Di badan bus terdapat tulisan 'Bus Wisata Keliling Ibu Kota'. Ornamen hiasan bergambar ikon pariwisata Jakarta juga menghiasi, seperti Monas, Ondel-ondel, patung Pancoran, patung selamat datang, dan lainnya. Sedangkan di bagian muka bus terdapat tulisan City Tour Jakarta.

Untuk daya angkut, bus itu dapat mengangkut 60 penumpang di bagian bawah dan atas bus. Dalam bus, dilengkapi sebuah layar monitor yang menyajikan tayangan tentang pariwisata di Jakarta.

Nantinya bus akan berkeliling ke sejumlah tempat wisata di Jakarta. Untuk rute yang telah direncanakan yaitu kawasan di seputar Blok M-Monas-Bundaran HI-Tanah Abang, dan Monas-Kota Tua. Tak hanya berhenti di tempat objek wisata, bus itu juga akan berhenti di beberapa objek perbelanjaan, seperti Blok G Tanah Abang, Ratu Plaza, dan Sarinah. (Ali)

Baca juga:

DKI Tambah 20 Bus Double Decker Tahun Ini
5 Bus Double-Decker Pesanan Jokowi Tiba di Priok
5 Bus Tingkat Baru Bakal Dipamerkan di Monas & Bundaran HI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini