Sukses

Banjir Surut, Warga Ulujami Bersihkan Rumah

Warga mulai membersihkan rumah mereka dari banjir yang sempat mencapai ketinggian 1,5 meter.

Banjir yang merendam sekitar 130 rumah di 2 RT di Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan akibat meluapnya Kali Pesanggrahan mulai surut pagi ini. Warga mulai membersihkan rumah mereka dari banjir yang sempat mencapai ketinggian 1,5 meter.

"Alhamdulillah sudah surut sejak subuh tadi di RT 17, RT 19, RW 03, yang tadinya banjir sampai 1 meter lebih dari hari Minggu malam. Warga mulai bersihkan rumahnya," kata Ketua RT 19, Suranto (48) di lokasi banjir Ulujami, kepada Liputan6.com, Selasa (14/1/2014).

Meskipun sudah surut, masih ada sebagian rumah warga yang tergenang air dengan ketinggian sekitar 15 cm.  "Di RT 19 itu ya masih semata kaki dan betis orang dewasa, karena kondisinya cekung dan paling bawah posisinya," ucap Suranto.

Suranto menuturkan, kebutuhan warganya selama banjir tercukupi. Hal ini karena ada bantuan dari Dinas Sosial Jakarta Selatan dan pihak lain. "Bantuan sudah dari Sudin Sosial, dari logistik semua seperti beras, mie instan, air mineral. Ada juga tadi tengah malam caleg dari Golkar berikan nasi bungkus," tutur Suranto.

Sedikitnya 100 warga di 2 RT tersebut mengungsi di Gedung Karang Taruna setempat, yang letaknya tidak jauh dan berada di posisi bebas banjir dari pemukiman warga. Suranto berharap, cuaca hari ini cerah agar kali Pesanggrahan tak lagi meluap.

"Yang ngungsi cuma anak-anak ya sekarang karena rumahnya masih di bersihkan. Semoga cerah cuacanya baik di Bogor maupun Jakarta," tandas Suranto. (Mvi/Sss)

Baca juga:

Selasa Pagi, Sejumlah Jalan di Jakarta Masih Tergenang Air
Banjir Terparah di Jakarta Akan Terjadi Awal Februari
Hindari Banjir, Pengendara Sepeda Motor Masuk Tol Meruya Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.