Sukses

Cibubur Banjir, Ahok Salahkan Walikota Depok

Ahok menilai banjir di kawasan Cibubur disebabkan jebolnya Tanggul Kali Laya yang berada di Depok, Jawa Barat.

Tingginya curah hujan di Jakarta menyebabkan sebagian wilayah Ibukota lumpuh karena terendam banjir. Namun ada sebagian titik yang pada tahun lalu tidak tergenang banjir, saat ini terendam seperti di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun menilai banjir di kawasan tersebut disebabkan jebolnya Tanggul Kali Laya yang berada di Depok, Jawa Barat.

"Cibubur yang dulu tidak kena sekarang kena, itu akibat itu (tanggul jebol)," tegasnya usai melakukan rapat koordinasi dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan), Senin (13/1/2014).

Kejadian tersebut menurutnya sempat ia perkirakan sebelumnya, karena itulah sejak awal Pemprov DKI berencana membeli tanah seluas 90 hektar di kawasan Depok untuk dibangunkan sebuah waduk. Akan tetapi, rencana tersebut ditolak mentah-mentah oleh Walikota Depok Nurmahmudi Ismail.

Karena tak bisa membangun waduk di kawasan Depok, Ahok mengaku pihaknya akan beralih kerencana lain dengan membangun sodetan-sodetan kecil untuk mengurangi debit air yang mengalir ke Jakarta. Sodetan tersebut dibangun yang mengarah ke Kanal Banjir Timur dan sodetan dari kali Katulampa menuju ke Cisadane.

"Kita pengin sodetan yang ke Kanal Banjir Timur sama sodetan Katulampa ke Cisadane beres, tapi sekarang kan pusat yang ngerjain, kita gak bisa ambil wilayah orang. Kita harus hibahkan ke Pemerintah misalnya, untuk buat itu," jelas Ahok. (Mut)

Baca juga:
Dikepung Banjir, 7 Jalan di Jakarta Timur Ditutup
1.500 Warga Kampung Pulo Jatinegara Diungsikan
Kompleks Green Garden Banjir, 3 Halte Transjakarta Ditutup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini