Sukses

Jokowi Tantang Walikota Jakut Selesaikan 3 Masalah dalam Sebulan

Di tengah kondisi Jakarta yang dikepung banjir, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melantik Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono.

Di tengah kondisi Jakarta yang dikepung banjir, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melantik Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono. Kepada Walikota baru tersebut, pria yang biasa disapa Jokowi itu berpesan agar mampu mengatasi permasalahan, salah satunya banjir.

Jokowi mengungkapkan, pesan utama dari dilantiknya Heru di Waduk Cincin, Papanggo, Sunter, Jakarta Utara, adalah agar walikota baru tersebut dapat secepatnya membenahi persoalan pembangunan taman BMW yang masih satu area dengan waduk tersebut.

"Mengapa pelantikan ini dilakukan di area Taman BMW, karena lokasi ini sudah 11 tahun bermasalah dan sampai detik ini belum bisa diselesaikan. Oleh sebab itu tugas walikota Jakarta Utara yang baru untuk menyelesaikan secepatnya masalah yang ada di sini," kata Jokowi, Senin (13/1/2014).

Menurutnya, masalah Taman BMW adalah yang paling krusial. Jokowi pun menantang Heru agar mampu secepatnya memberikan titik terang dengan menyelesaikan persoalan sertifikat lahan di Taman BMW kurang dari sebulan.

"BMW sudah 11 tahun tidak selesai. Sudah saya perintah, ada target yang harus diselesaikan, sertifikat harus segera selesai, setelah itu stadion dibangun. Saya ingin bulan ini sertifikat rampung, tidak harus semuanya tapi sebagian saja," jelasnya.

Selain menyelesaikan permasalahan di Taman BMW, Jokowi juga menuntut Heru untuk fokus menyelesaikan permasalahan di seputar Waduk Pluit yang menjadi andalan Jokowi-Ahok untuk mengurangi titik banjir di Jakarta.

Ia mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan kembali melakukan relokasi warga di sisi barat Waduk Pluit yang masih bertahan. Dari 7.000 Kepala Keluarga (KK) yang ada di sana, baru 1.800 KK yang berhasil di relokasi.  

"Ini jadi tanggung jawab walikota lagi dengan pendekatan-pendekatan yang baik tidak dengan cara-cara represif. Saya kan juga tidak mungkin tiap hari turun ke bawah," ujar Jokowi.

Selain dua hal itu, ia juga meminta agar Heru dapat secepatnya memenuhi ketersediaan rumah susun di wilayah Jakarta Utara, khususnya di Rusun Marunda dan Rusun Muara Baru. Untuk memenuhi 3 hal tersebut, Jokowi menargetkan agar Heru dapat menyelesaikan persoalan tersebut kurang dari setahun.

"Konsentrasi 3 hal itu agar jadi catatan bagi Walikota Jakarta Utara yang baru. Seluruh walikota harus mulai masuk ke masalah-masalah inti yang ada di wilayah masing-masing. Urusannya bukan tahun lagi, tapi hari atau bulan harus bisa diselesaikan," tukas Jokowi. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.