Sukses

Kapuk Muara Banjir 1 Meter, 2.000 Warga Jadi Korban

Selain Kramat Jaya dan Mannga Dua, Kapuk Muara di Jakarta Utara juga terendam banjir hingga 1 meter. Sekitar 2.000 warga terkena imbasnya.

Data yang dirilis Polda Metro Jaya menyatakan banjir di Jakarta Utara hanya terjadi di wilayah Kramat Jaya dan Mangga Dua. Namun, banjir ternyata juga terjadi di Kapuk Muara.

"Tadi pagi cukup tinggi, hampir rata ketinggian 1 meter atau sepinggang orang dewasa. Kalau sekarang sudah mulai surut hingga selutut," kata Lurah Kapuk Muara, Purnomo, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (13/1/2014).

Purnomo menjelaskan, banjir mulai menggenang dini hari tadi, tepatnya pukul 02.30 WIB. Ia menjelaskan, hujan yang terus turun itu membuat Kali Angke akhirnya meluap.

"Ada 3 RW yang kena imbas, RW 01, RW 04 dan RW 05. Diperkirakan ada sekitar 2.000 jiwa yang menghuni tempat tersebut," tuturnya.

Selaku lurah, Purnomo mengaku dia dan aparatnya sudah bergerak dan menyiapkan sarana pendukung bagi warga yang terkena banjir. "Kami sudah siapkan perahu karet untuk evakuasi," tegas Purnomo.

Saat ini hujan di kawasan Jakarta Utara sudah reda. Sejumlah daerah juga telah kering dari genangan air. Di Mangga Dua yang dilaporkan ada genangan setinggi 20 centimeter, kini sudah kering. (Ado/Yus)

Baca juga:
Bocah Korban Banjir: Ayo Dong Banjirnya Lebih Tinggi Lagi
Selamatkan Istana, Jokowi Buka Pintu Air Jembatan Merah
Cek di Sini... Ada 36 Titik Banjir Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini