Sukses

BMKG: Hujan Deras Guyur Bogor Hingga 2 Pekan ke Depan

BMKG Stasiun Dramaga, Bogor, Jawa Barat, memprediksi hujan akan tetap turun di wilayah Bogor hingga 2 hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Dramaga, Bogor, Jawa Barat, memprediksi hujan akan tetap turun di wilayah Bogor hingga 2 hari ke depan. Hujan akan turun dengan intensitas cukup tinggi hingga mencapai 380 milimeter.

"Intensitas hujan dari hari Minggu hingga Senin pagi ini curahnya mencapai 300 milimeter. Dan kondisi curah hujan seperti itu merupakan di atas normal," jelas Kepala Stasiun BMKG Dramaga, Dedi Sucahyadi, saat dihubungi, Senin (13/1/2014).

Dedi mengatakan, curah hujan paling ekstrem untuk wilayah Bogor sudah terjadi di Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, yakni mencapai 380 mm. Kemudian di daerah Tunggeulis mencapai 100 mm dan Ciomas mencapai 85 mm.

"Awalnya kita memperkirakan curah hujan dalam satu bulan mencapai 400-600 milimeter, namun dalam kurun 10 hari terakhir ini curah hujan sudah di atas 380 milimeter," kata dia.

Hal tersebut, lanjutnya, diakibatkan tekanan rendah di daerah Sumatera dan hujan tropis di barat daya Jawa dan Australia.

"Berdasarkan perkiraan kami, intensitas hujan lebat di atas rata-rata atau lebih ekstrem lagi akan terjadi dalam kurun 1 atau 2 minggu ke depan," papar dia.

Dia menambahkan, puncak curah hujan tertinggi akan kembali terjadi hingga awal bulan Februari. "Kondisi curah hujan di atas normal ini akan tetap bertahan hingga Februari mendatang," pungkasnya. (Ado/Yus)

Baca juga:
Pintu Air Manggarai Dicek Tiap 15 menit
Air Surut, Status Bendungan Katulampa Siaga 4
Penyebab Utama Jakarta Selalu Banjir Setiap Tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.