Sukses

Genangan Air di Jatinegara, Jalan Otista Macet

Selain banjir, kemacetan di sejumlah titik juga tak bisa dihindarkan.

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak malam dampaknya terasa hingga pagi. Selain banjir, kemacetan di sejumlah titik juga tak bisa dihindarkan. Salah satunya di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Jatinegara, Jakarta Timur.

Salah seorang karyawan swasta Sanda Prahesti (22) mengatakan, kemacetan sudah terjadi di Jalan MT Haryono, Cawang. Bus Transjakarta yang ditumpanginya tak kuasa menghindar dari kemacetan karena padatnya volume kendaraan.

"Saya naik dari Halte PGC jam 06.40. Sampai BNN sudah nggak bergerak," katanya pada Liputan6.com di Jakarta, Senin (13/1/2014).

Memasuki Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), kondisi serupa juga masih terjadi. Meski sudah memiliki jalur sendiri, bus Transjakarta tak bisa berbuat apa-apa saat pengendara lain khususnya sepeda motor merangsek masuk ke busway.

"Pada masuk jalur busway. Motor kebanyakan. Bahaya banget suka main nyalip," lanjutnya.

Hal itu terjadi karena di jalur umum arus kendaraan sudah tak bisa bergerak. Kendaraan tampak lebih banyak berhenti daripada berjalan. Pengendara hanya bisa memacu kendaraan kurang dari 10 km per jam.

"Memang jalan umumnya macet banget. Nggak bisa bergerak. Jalannya cuma dikit-dikit doang," ucapnya.

Jika pada hari biasanya, Sanda sudah sampai di kantornya di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat pukul 08.10 WIB, kini sudah sekitar pukul 08 50 WIB, dirinya masih berdiri di bus Transjakarta bersama puluhan penumpang lainnya.

"Biasanya sudah sampai kantor. Ini masih di busway. Ya yang penting sampai kantor dulu deh," tandasnya.

Pantauan Liputan6.com, Jalan Jatinegara Barat atau di depan Kampung Pulo, banjir sudah menggenangi jalan. Pemukiman warga sudah terendam banjir hingga 2 meter. Sementara, jalan dari arah Kampung Melayu menuju Tebet, tepat setelah flyover Kampung Melayu, putus karena jalan tertutup banjir. (Riz/Ein)

Baca juga:

Banjir, Sejumlah KRL Dibatalkan
Jalan TB Simatupang Banjir, Pengendara Motor Boleh Lewat Tol
Banjir, Bus Transjakarta Terhambat di Beberapa Koridor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.