Sukses

Air Kali Ciliwung Sejajar dengan Pembatas Jembatan

Ketinggian air di wilayah Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Pulo Jakarta Timur semakin tinggi.

Ketinggian air di wilayah Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Pulo  Jakarta Timur semakin tinggi. Bahkan, di pemukiman warga air sudah mencapai ketinggian 7,30 meter.

Debit air di kali Ciliwung, sudah sejajar dengan pembatas jembatan, air pun tumpah ke dan merendam Jalanan Raya Jatinegara-Kampung Melayu setinggi paha orang dewasa, yang letaknya berada tepat di depan Kampung Pulo.

Pantauan Liputan6.com, Senin (13/1/2014), pada pukul 07.35 WIB, perbandingan ketinggian air tampak jelas antara Sungai Ciliwung dengan jalan raya. Bendungan dari beton berwarna oranye menahan dari luapan air.

"Kalau paling dalam di ujung sekitar 7,5 meter. Ini sudah tinggi banget ini. Sudah luber ke jalan," kata salah satu petugas Sudin Damkar Jakarta Timur, Dayat, di lokasi.

Dayat mengatakan, ketinggian air tersebut kirimin dari ketinggian pintu air di Depok, Jawa Barat. "Ini laporan dari sisaan Depok. Semoga enggak hujan lagi," ujar Dayat.

Para petugas masih berusaha mengevakuasi warga yang bertahan di lantai 2 maupun atap rumah mereka. Kebanyakan dari mereka adalah yang tinggal di tepi Sungai Ciliwung. Saat ini, hujan turun sangat lebat dan membuat arus kali Ciliwung semakin deras. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.