Sukses

4 Eks Pejabat Angkasa Pura Jadi Tersangka Korupsi Rp 7,4 M

Mereka diduga korupsi Pengadaan Air Traffic Control (ATC) Simulator pada PT Angkasa Pura II Tahun 2004.

Jaksa Pidana Khusus menetapkan 5 orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi Pengadaan Air Traffic Control (ATC) Simulator pada PT Angkasa Pura II Tahun 2004 senilai lebih Rp 7,4 miliar .

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Setia Untung Arimuladi mengatakan, 4 dari 5 tersangka itu bekas pejabat PT AP II.

Mereka adalah mantan Inventory Fixed Assed Manager Endar Muda Nasution (EMN), mantan Kasubdit Air Traffic Service Novaro Martodihardjo (NM), mantan Manager Electronic Fasility Planing Susianto (SS), Sutianto (ST) mantan Traffic Service Planing and Quality Assurance Manager.

"Dari 4 tersangka itu merupakan pensiunan PT AP II, sedangkan seorang lainnya dari pihak swasta berinisial RG (Reza Gunawan) selaku Direktur Utama PT Toska Citra Pratama," kata Untung kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (12/1/2014).

Untuk menjelaskan, dari hasil penyelidikan telah ditemukan bukti permulaan yang cukup tentang terjadinya dugaan korupsi. "Sehingga tim penyelidik pada Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung akhirnya meningkatkan ke tahap penyidikan menjadi tersangka," ujar dia.

Untung menambahkan pekerjaan pengadaan ATC simulator itu merupakan peralatan untuk mensimulasikan semua kegiatan yang dilakukan pengendali lalu lintas penerbangan dalam melakukan tugas pelayanan pengendalian pendaratan (approach) dan perjalanan pesawat (en-route).

"Juga digunakan sebagai indikator kompetensi pengetahuan dan kemahiran seluruh pengendalian lalu lintas udara di lingkungan Angkasa Pura serta alat untuk mengevaluasi prosedur pengendalian lalu lintas penerbangan," tukas Untung. (Ali)

Baca juga:

`Mission Impossible` Kejaksaan Agung 2014
Wakil Jaksa Agung Wacanakan UU Sistem Penggajian Nasional
Rp 2,5 Triliun Tak Dilunasi, Kejagung Siap Eksekusi Aset AAG

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Angkasa Pura