Sukses

Indonesia Youth Forum, Ajang Membuktikan Eksistensi Pelajar

Seorang pelajar tidak hanya rajin mengisi absen setiap kegiatan belajar, tapi juga berkontribusi melakukan aksi untuk sebuah perubahan.

Citizen6 , Jakarta: Bagi mereka yang kreatif dan memiliki pola pikir luas serta imajinasi yang tinggi, seorang pelajar tidak hanya rajin
mengisi absen di setiap kegiatan belajar mengajar, tapi juga berkontribusi dengan melakukan aksi untuk sebuah perubahan salah
satunya. Ini akan menunjukkan bahwa mereka bukan hanya dberi ajaran, namun dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat.

Terkadang ada saja faktor-faktor yang  menjadi hambatan kreativitas siswa. Tapi pada kenyataanya Indonesia adalah Negara yang over load creativity. Ini dapat dilihat dari kegiatan yang diadakan oleh Indonesia student and youth forum pada Desember 2013 kemarin dalam kegiatan forum pelajar Indonesia 5.

Dalam forum ini para siswa diwadahi untuk mengeluarkan, mengelola dan "mengeksekusi" aspirasinya. Tidak sampai di situ, mereka juga diperkenalkan dengan berbagai macam kegiatan baru yang sebelumnya belum pernah masuk menjadi agenda para siswa.

Lima hari kegiatan yang dilaksanakan pada 18-23 Desember 2013 di Jakarta ini mendapat apresiasi tinggi. Bukan hanya dari kalangan siswa saja, namun juga dari mereka yang berkecimpung di bidang sosial politik, hukum keamanan, seni, dan masih banyak yang lainnya. Kegiatan ini juga tidak berhenti di lima hari, namun akan berlanjut di Indonesia Youth Forum 2014 di Wakatobi.

Namun rasanya tidak mungkin jika dalam setiap hal tidak memiliki relasi atau hubungan satu sama lainnya. Contohnya saja bagi mereka
yang mampu mengangkat solusi masalah ke permukaan, naik pula eksistensinya, dan mereka akan menjaga gengsinya dengan tetap menjadi diri yang kreatif. Begitupun dengan big event di Wakatobi nanti, yakni ajang pemekaran intelegensi, membuktikan eksistensi dan mempertahankan gengsi.

Ditambah lagi sebagai modal untuk menghadapi komunitas ASEAN 2015 nanti. Maka dari itu tidak sembarang orang atau kalangan pelajar yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, hanya mereka yang dapat berinovasi dan mempertanggungjawabkan setiap gagasannya.

Penyeleksian akan dilakukan pada Januari 2014, sama halnya seperti penjaringan peserta forum pelajar Indonesia yang sudah-sudah dan yang akan diselenggarakan bulan Agustus mendatang. Jadi persiapan diberbagai disiplin ilmu dibutuhkan mulai dari sekarang. (mar)

Penulis
Hanna Nur Afifah Yogar
Jakarta, hannanurafifahyoxxx@gmail.com

Baca juga:
Kreatif Bersama Forum Pelajar Untuk Indonesia
250 Pelajar Berprestasi Ramaikan FOR ke-5
Pelajar dari 22 Provinsi Ikuti Forum Pelajar Indonesia ke-5


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini