Sukses

[VIDEO] Karier Politik Anas Berakhir di Bui?

Anas salah satu tokoh yang pernah menjabat ketua umum (ketum) partai politik dengan usia termuda di Indonesia.

Anas Urbaningrum adalah salah satu tokoh yang pernah menjabat ketua umum (ketum) partai politik dengan usia termuda di Indonesia. Karier politiknya melesat cepat hingga menduduki posisi puncak partai berkuasa, Partai Demokrat. Namun kini, masa depan politik Anas terganjal statusnya sebagai tersangka kasus korupsi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (11/7/2014), saat terpilih menjadi Ketum Partai Demokrat, usia Anas urbaningrum baru 40 tahun. Hal itu menjadikannya sebagai ketua umum partai politik termuda di Indonesia.

Kemenangan Anas sama sekali tidak diduga, karena saat itu, putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono memberikan dukungannya pada Andi Malarangeng.

Karier politik anas berawal pada tahun 2007 sejak ia menjadi Ketum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI). Setelah itu, Anas terus aktif di bidang politik hingga menjadi anggota KPU periode 2001-2005.

Mundur dari KPU, Anas bergabung dengan Partai Demokrat dan menjadi Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah. Pada Pemilu 2009, Anas terpilih sebagai anggota DPR namun kemudian mengundurkan diri sejak terpilih sebagai Ketum Demokrat.

Bintang cemerlang Anas segera pudar ketika Muhammad Nazaruddin -- yang saat itu menjabat sebagai Bendarahara Umum Demokrat ditangkap penyidik KPK dalam kasus korupsi -- menyebut Anas menerima mobil dan uang dari PT Adhi Karya, kontraktor proyek Hambalang. Tuduhan itu dibantah oleh Anas.

Dengan status sebagai tersangka, Anas pun mengundurkan diri dari Ketum Demokrat dan kini harus mendekam di dalam penjara KPK. Tetapi doa dari sang bunda terus mengiringi.

Anas akhirnya ditahan, tetapi keluarga dan kerabat Anas di Desa Ngaglik, Srengat, Blitar, Jawa Timur tak percaya kalau Anas terlibat korupsi. Apakah karier politik Anas bakal berakhir di balik jeruji besi? (Riz)

Baca juga:

Anas Urbaningrum Ditahan!
Anas Urbaningrum Dilempar Telur
Ditahan KPK, Anas: Terima Kasih, Pak SBY
Ditahan KPK, Anas Disorot Dunia
[VIDEO] Detik-detik Anas Urbaningrum Dilempar Telur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini