Sukses

2 Ruas Tol Akan Dibangun Pemprov DKI Tahun Ini

2 ruas jalan tol dengan rute Sunter-Semanan dan Sunter-Pulogebang itu nantinya dapat dilalui angkutan umum.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum rencananya akan membangun 2 ruas jalan tol tahun ini. Pemprov DKI akan menggandeng PT Jakarta Tollroad Development (JTD) sebagai investornya.

"Pembangunan konstruksi akan dimulai pada pertengahan tahun 2014 dan ditargetkan selesai 3 tahun kemudian yaitu pada 2017," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Yang pasti, Rudy menjelaskan, 2 ruas jalan tol dengan rute Sunter-Semanan dan Sunter-Pulogebang itu nantinya dapat dilalui angkutan umum. Sebab, rencananya akan disediakan jalur khusus bus.

"Yang pasti mereka (investor) harus memenuhi permintaan kita agar satu lajur jalan tol diperuntukkan untuk transportasi publik," ujar Rudy.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan PT JTD telah menyanggupi permintaan Pemprov DKI untuk memberi akses bagi transportasi umum. 2 ruas tol itu diprioritaskan karena menjadi jaringan inner ring road (lingkar dalam) di Jakarta untuk menambah rasio jalan dan pengurai kemacetan ibukota.

"Bukan hanya untuk tol saja, tetapi juga untuk jalur busway. Jalan tol ini sebagai loop line untuk angkutan orang dan mendukung angkutan barang," kata Manggas. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.