Sukses

[VIDEO] Isu Korupsi Dominasi Debat Terbuka Konvensi Demokrat

Pemberantasan korupsi dan pemerintahan yang bersih menjadi isu utama debat terbuka para peserta konvensi capres Partai Demokrat.

3 peserta konvensi Partai Demokrat menyampaikan gagasan-gagasannya dalam tahap debat terbuka, Kamis 9 Januari 2014. Mereka adalah Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, dan Ketua DPR Marzuki Alie.

Diawali yel-yel pendukungnya, Anies Baswedan memulai pidatonya dalam debat terbuka. Anis berjanji bila terpilih sebagai presiden ia akan meminta penegak hukum melakukan tindakan hukum terhadap siapa pun, termasuk politisi Partai Demokrat yang terlibat korupsi.

Anies juga menyinggung 5 masalah yang ia prioritaskan untuk dituntaskan, yaitu kesehatan, infrastruktur, pendidikan, penegakan hukum, dan ketimpangan antarwilayah.

Peserta konvensi lainnya, Dino Patti Djalal, berjanji terbuka soal rekening kampanyenya untuk membuktikan ia bersih dari korusi. "Saya siap jika rekening saya diperiksa," ujarnya seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (10/1/2014).

Peserta terakhir adalah Marzuki Alie yang berjanji akan langsung mengundurkan diri dari jabatan presiden bila ada salah seorang menterinya yang tersandung korupsi.

Rangkaian konvensi Partai Demokrat dimulai September lalu dan tuntas April mendatang. Pemenang konvensi akan diusung Partai Demokrat sebagai calon presiden, bertarung dengan para calon presiden dari parpol-parpol lain untuk memenangi kursi presiden. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.