Sukses

[VIDEO] Hujan Deras, Jalan Utama Kota Bandung Terendam

Setelah diguyur hujan deras, Jalan Dago di pusat Kota Bandung berubah seperti sungai. Akibatnya arus lalu lintas menjadi macet.

Setelah diguyur hujan deras, Jalan Dago di pusat Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis 9 Januari 2014 petang, berubah seperti sungai. Kendaraan yang melintas di jalan ini terpaksa menerjang banjir setinggi lebih dari 30 centimeter yang berarus deras. Akibatnya arus lalu lintas menjadi macet.

Banjir sendiri terjadi akibat tingginya curah hujan serta drainase yang tidak sanggup menahan besarnya debit air. Derasnya guyuran hujan diperparah dengan kuatnya hembusan angin. Akibatnya sejumlah pohon di Jalan Ciliwung dan Jalan Merdeka bertumbangan. Beruntung tidak ada laporan jatuhnya korban.

Cuaca ekstrem juga melanda Lampung sejak 2 hari terakhir. Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (10/1/2014), hujan deras dan angin puting beliung menyapu puluhan rumah di 2 desa di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Atap rumah berterbangan dan tertimpa pohon besar yang tumbang. Menurut warga, hujan dan angin puting beliung datang secara tiba-tiba dan langsung menyapu 2 desa itu, termasuk merusak sekolah dan 2 rumah ibadah. Beruntung kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

Kini warga bergotong royong memperbaiki rumah mereka. Warga yang rumahnya rusak sudah mulai mendapat bantuan makanan dan berharap juga mendapat bantuan material untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak.

Angin puting beliung sebelumnya juga melanda wilayah ini Senin 6 Januari 2014 malam, yang juga merusak puluhan rumah. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.