Sukses

Eks Rival: Bagian dari Kroni Atut, Rano Tak Pantas Pimpin Banten

Marissa Haque menilai Rano tidak pantas memimpin Banten. Sebab, Rano merupakan bagian kroni Atut dalam pemerintahan Banten.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah saat ini mendekam di balik jeruji Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur. Atut ditahan karena statusnya sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan sengketa Pilkada Kabupaten Lebak, Banten 2013 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Wakil Gubernur Banten Rano Karno pun sangat berpeluang naik pangkat dan duduk di kursi Banten 1 menggantikan Atut yang saat ini juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Banten tahun anggaran 2011-2013.

Menanggapi peluang Rano itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Marissa Haque menilai Rano tidak pantas memimpin Banten. Sebab, 'Si Doel Anak Sekolahan' itu merupakan bagian dari kroni Atut dalam Pemerintahan Provinsi Banten selama ini.

"Jelas, dia bagian dari kroni. Yang melihat Rano tidak pantas memimpin bukan saya saja, tapi kan juga Ibu Ribka (Tjiptaning), Ketua PDI Perjuangan Korwil Banten," kata Marissa di Kantor DPP PAN, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (8/1/2014).

Marissa juga menilai, saat Pilkada Banten 2011, Rano 'dibeli' oleh Atut. Marissa yang menjadi rival Atut di Pilkada Banten itu menuding, Rano menerima sejumlah uang agar bersedia dipinang Atut sebagai pasangan di Pilkada Banten.

"Rano dijemput dengan mahar kawin waktu Pilkada," ujar istri penyanyi Ikang Fauzi ini.

Menurut Marissa, saat ini semua tergantung dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apakah akan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap Atut atau tidak. Sebab, bukan tak mungkin ada aliran dana yang 'dicuci' Atut ke Rano.

"Tinggal KPK saja nanti, tergantung TPPU-nya mengarah ke Rano," kata Marissa.

Ratu Atut Chosiyah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengurusan sengketa Pilkada Kabupaten Lebak, Banten 2013 di MK yang melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar. Tak hanya itu, politisi Partai Golkar tersebut juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Banten tahun anggaran 2011-2013. (Mvi)

Baca juga:

Rano Karno: Pemerintahan di Banten Terancam Kacau
Ratu Atut & Wawan Resmi Jadi Tersangka Kasus Alkes Banten
Ratu Atut Ditahan, 25 Program Pemkab Tangerang Terbengkalai




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini