Sukses

[VIDEO] Separuh Wilayah AS Beku Diterjang Badai Salju

Hampir separuh wilayah Amerika Serikat berada dalam peringatan bahaya cuaca dingin menyusul salju tebal menyelimuti kawasan tersebut.

Hampir separuh wilayah Amerika Serikat berada dalam peringatan bahaya cuaca dingin menyusul salju tebal dan angin kencang yang melanda kawasan tersebut. Dari kawasan Midwest hingga tenggara Amerika Serikat, suhu mencapai belasan derajad celsius di bawah normal.

Tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (9/1/2013) memberitakan, di Hell Michigan, suhu turun hingga minus 20 derajad celsius. Kota kecil berpenduduk 600 jiwa itu tertimbun salju tebal hingga banyak kendaraan terjebak termasuk kendaraan pembersih salju.

Di Buffalo, New York, salju tebal turun diperdiksi mencapai 30 sentimeter. Tebalnya salju juga menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Di Katy, Texas, sebuah air mancur juga membeku saking dinginnya suhu. Air mancur ini jadi pusat perhatian warga karena merupakan pemandangan yang tak biasa bagi penduduk lokal.

Tumpukan bongkahan es akibat cuaca dingin yang ekstrem di wilayah Ithaca, New York, AS, menimbulkan masalah baru untuk warga. Bongkahan es di wilayah ini perlahan mencair hingga membuat jalan-jalan banjir.

Walikota Svante Myrick menyatakan Kota Ithaca dalam keadaan darurat karena banjir dan es yang masih membahayakan warga.

Cuaca dingin ini terus bergerak ke arah timur Amerika dan terus menimbulkan pembatalan penerbangan, mengganggu perjalanan darat, dan menutup sekolah serta aktivitas niaga. Setidaknya 9 orang dilaporkan tewas terkait suhu dingin di berbagai wilayah Amerika ini. (Ali/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.