Sukses

Jokowi Pastikan Tarif Bus Transjakarta Tidak Naik

Jokowi pastikan tarif bus Transjakarta tak akan naik meskipun telah berubah dari unit pelayanan (UP) menjadi BUMD.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan tarif bus Transjakarta tak akan naik meski pengelolanya telah berubah dari unit pelayanan (UP) menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Kita tidak pernah pikir naikkan tarif Transjakarta setelah berganti jadi BUMD. Sebab itu pelayanan," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (8/1/2014).

Menurutnya, keberadaan Transjakarta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Pemprov DKI akan tetap memberi subsidi untuk warga Ibukota yang ingin menggunakan jasa Transjakarta. Meski menjadi BUMD, tambah Jokowi, orientasi Transjakarta tetap pada pelayanan bukan keuntungan.

"Tetap saja, meskipun BUMD ada orientasi keuntungan, tapi orientasi nomor satu adalah pelayanan," ujarnya.

Jokowi mengatakan, jika subsidi yang diberikan itu tidak dimanfaatkan dengan baik oleh warga, pihaknya akan mencabut. Bila subsidi dicabut, otomatis tarif Transjakarta akan naik.

"Kalau subsidi memberikan dampak ketidakkemacetan, memang itu yang kita cari. Kalau diberi subsidi orang tidak mau naik, ya tidak usah beri subsidi saja sekalian," tegas Jokowi.

Perubahan manajemen Transjakarta dilakukan seiring adanya tuntutan masyarakat terhadap kinerja sistem transportasi umum di Jakarta yang kian tinggi. Maka agar kelembagaan Transjakarta dapat lebih fleksibel harus ditingkatkan kompetensinya dalam bentuk badan usaha.

Jokowi berharap dengan perubahan itu, Transjakarta dapat lebih cepat dan lincah menyelesaikan masalah. Di samping itu, orientasi pelayanannya bisa lebih baik.

Pengelola Transjakarta awalnya dipegang oleh Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta yang dibentuk pada 2003 dengan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 110/2003 tentang Pembentukan BP Transjakarta.

Pada 2006, namanya diganti menjadi Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB) yang bernaung di bawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

UPTB memiliki kewenangan atas operasional seluruh koridor dan area kerja Transjakarta serta melakukan pengawasan dan koordinasi dengan operator koridor, penyedia armada bus, dan pengelola pool SPBG. Kepala UPTB diangkat dan diberhentikan oleh Gubernur DKI Jakarta dengan memperhatikan saran dan masukan dari Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Pada Januari 2014 ini, Unit Pengelola (UP) Transjakarta resmi berbentuk BUMD dan berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT). (Ali/Yus)

Baca juga:

Transjakarta Jadi BUMD, Tarif Bakal Naik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini