Sukses

Soal Stadion Lebak Bulus, Anak Buah Jokowi Sesalkan Menpora

Untuk membangun depo MRT, Pemprov DKI perlu segera menutup terminal berikut dengan stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Untuk membangun depo MRT, Pemprov DKI perlu segera menutup terminal berikut dengan Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Namun hingga kini pembongkaran Stadion Lebak Bulus masih terganjal restu Kementerian Pemuda dan Olahraga yang hingga kini belum menjawab surat permohonan izin dari Pemprov DKI.

Padahal Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengaku, Menpora Roy Suryo telah menyetujui rencana pembongkaran Stadion Lebak Bulus. Hal inilah yang kemudian dikeluhkan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta Ratiyono.

"Kemenpora menyatakan mendukung pembongkaran, tapi tanpa rekomendasi sampai sekarang. Padahal semua syarat sudah kita penuhi," ujar Ratiyono di Jakarta, Rabu (8/1/2014).

Ratiyono mengaku, surat permohonan izin telah dikirim berulang kali sejak 3 tahun lalu. Disorda DKI pernah mengirim surat pada 18 Februari 2011. Tak mendapatkan tanggapan, kemudian Sekda DKI mengirim kembali surat permohonan pada 22 Maret 2012. Karena tak juga ditanggapi, Gubernur DKI Jokowi akhirnya mengirimkan lagi surat permohonan izin pembongkaran pada 11 Maret 2013 lalu.

Ratiyono menuturkan, walaupun Stadion Lebak Bulus milik Pemprov DKI, namun untuk rencana pembongkaran ini tetap membutuhkan rekomendasi dari Kemenpora. Hal ini telah diatur dalam UU Pengalihan Fungsi Bangunan Olahraga.

"Jadi selama belum ada rekomendasi, belum bisa dibongkar. Padahal semestinya ini mendesak. Kita juga sudah sampaikan ke Kemenpora bahwa akan ada Stadion Pesanggrahan dan Taman BMW, jadi kita harap tidak ada lagi masalah," keluhnya.

Dia juga menyesalkan belum adanya kepastian terkait waktu pelaksanaan pembongkaran stadion. Sementara proses menuju pembangunan Stadion Pesanggrahan sebagai pengganti Stadion Lebak Bulus tengah dilaksanakan.

"Pesanggrahan sekarang sedang tahap pembebasan tanah. Selama ini masih banyak ketidakcocokan harga tanah. Dalam Rancangan APBD 2014, Disorda DKI mengganggarkan hingga Rp 100 miliar untuk pembebasan lahan di Pesanggrahan," pungkas Ratiyono. (Ndy/Yus)

Baca juga:
Jokowi: Menpora Sudah Setuju Stadion Lebak Bulus Dibongkar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini