Sukses

Jokowi Sidak Puskesmas Jatinegara Cek Penggunaan KJS dan JKN

Kedatangan Jokowi untuk mengecek penggunaan KJS yang diadakan oleh Pemprov DKI dan JKN yang merupakan program pemerintah pusat.

Jokowi melakukan sidak ke Puskesmas Jatinegara, Jakarta Timur. Kedatangan Gubernur bernama lengkap Joko Widodo itu sekaligus untuk mengecek penggunaan Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang diadakan oleh Pemprov DKI dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan program pemerintah pusat.

Pantauan Liputan6.com, tiba di Puskesmas, Jokowi langsung menuju ke ruang yang memuat data seluruh pasien Puskesmas. Melihat kedatangan Jokowi, Kepala Puskesmas, Yeni Restuti langsung mendampingi mantan Walikota Solo itu.

Di dalam ruang tersebut, Jokowi sempat membuka setumpuk dokumen pasien dan menanyakannya kepada Yeni. Jokowi pun memastikan, administrasi yang ada di Puskesmas sudah cukup baik dan siap untuk menangani masyarakat.  "Sudah baik, ini memang harus tersusun dengan rapi," kata Jokowi.

Setelah ke ruang administraisi, Jokowi pun kemudian menghampiri beberapa orang staf dan petugas pelayanan puskesmas menanyakan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pemegang KJS dan JKN.

"Bagaimana yang KJS dan JKN, apakah ada pebedaan atau ada kesulitan?" tanya Jokowi.

Pertanyaan Jokowi pun dijawab oleh Kepala Puskesmas. Ia mengakui memang ada perbedaan antara pemegang KJS dan JKN. "Ini memang bergabung Pak. Tapi memang ada pelayanan yang di KJS gratis tapi di JKN bayar, seperti kimia darah (cek darah), ketika ada KJS cek darah itu tidak bayar, tapi sekarang ada JKN jadi bayar," kata Yeni.

Jokowi berjanji pihaknya akan mengurus hal tersebut. Pemprov DKI saat ini tengah membicarakannya masalah tersebut dengan pemerintah pusat. 

Dia juga meminta agar pihak Puskesmas ikut melakukan sosialisasi terhadap sistem baru pelayanan kesehatan dari pemerintah pusat itu. "Yang penting jangan lupa dari Puskesmas juga harus memberikan penyuluhan. Masyarakat juga harus dingatkan," kata Jokowi. (Mvi/Ein)

Baca juga:

Tinjau JKN BPJS, SBY: Ini Sejarah... Pahalanya Tinggi
Menkumham: Napi Harus Terima BPJS dan KJS
Jokowi: KJS Sekarang Bisa Digunakan dari Sabang Sampai Merauke




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • JKN adalah singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional.

    JKN

  • KJS

Video Terkini