Sukses

Tridianto: KPK Tak Berani Tahan Anas

Loyalis Anas, Tridianto yakin KPK tak berani menahan mantan Ketua Umum Demokrat tersebut.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum hari ini menjalani pemeriksaan pertama setelah hampir setahun ditetapkan menjadi tersangka. Anas dipanggil terkait kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji pada proyek pembangunan Hambalang.

Isu penahanan Anas setelah diperiksa pun menyeruak. Namun loyalis Anas yang juga mantan Ketua Demokrat Cilacap, Tridianto yakin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak berani melakukan itu.

"Kalau info penahanan terlalu dini. Saya yakin KPK tidak berani, kalau melihat kasus ini, disangkaan kabur tidak ada bukti kuat," kata Tridianto di kediaman Anas di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (7/1/2014).

Dia mencontohkan, beberapa kasus yang disangkakan, seperti Toyota Harrier, uang Rp 2 miliar pada dakwaan Deddy Kusdinar, dan yang terbaru terkait Hambalang semuanya kabur atau belum ada bukti yang jelas. Karena itu, Tridianto yakin Anas tak ditahan.

"Kalau info mau ditahan terlalu dini. KPK tidak berani melakukan penahanan. Saksi, bukti tidak kuat mungkin seperti itu," ujar pria yang pernah mangkir panggilan KPK karena surat panggilan dikirim ke alamat 3 istrinya itu. (Riz/Ism)

Baca juga:

Loyalis: Kalau Mas Anas Ditahan KPK, Saya Temani di Rutan
KPK Pastikan Tahan Anas Urbaningrum
Anas dan `Sumpah` Gantung di Monas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.