Sukses

Insiden Main Ski, Kanselir Jerman Retak Tulang Panggul

Sang kanselir harus banyak berbaring selama 3 minggu ke depan. Sejumlah agenda terpaksa dibatalkan.

Musibah menimpa Kanselir Jerman Angela Merkel. Ia mengalami retak tulang panggul gara-gara mengalami kecelakaan ski lintas negara. Tepatnya di Swiss.

Juru bicara Merkel, Steffen Seibert mengatakan, sang kanselir harus banyak berbaring selama 3 minggu ke depan. Akibatnya, sejumlah agenda kunjungan harus dibatalkan.

Merkel juga menderita cedera parah akibat insiden yang terjadi di wilayah Alpine Engadine di timur Swiss. "Memar parah terkait dengan retak parsial di sebelah kiri, bagian belakang panggul," demikian ujar juru bicara Merkel, seperti dikutip dari BBC, Senin (6/1/2014).

Padahal, kata juru bicaranya, perempuan kelahiran 17 Juli 1954 itu tidak meluncur cepat di saat kejadian.

Sesaat setelah kejadian, yang terjadi di tengah liburan Natal Desember lalu, Merkel sama sekali tak menyadari bagian dari panggulnya mengalami retak. Ia mengira hanya memar. Tetapi setelah pulang ke Berlin, para dokter menemukan keretakan di bagian panggul.

Namun, juru bicara tak menjelaskan detil bagaimana kecelakaan yang menimpa Sang Kanselir terjadi. Merkel dilaporkan bermain ski di dekat resor St Moritz.

Meski cedera, Merkel tetap bersikukuh memimpin rapat kabinet yang dijadwalkan Rabu depan -- pertemuan pertama menteri anggota koalisi pemerintahannya. Ia kini berjalan dengan bantuan tongkat penyangga atau kruk.

"Tentu saja sebagai kanselir, ia mampu bertindak dan berkomunikasi secara penuh," kata Steffen Seibert kepada para wartawan. Merkel juga akan tetap memimpin berbagai pertemuan kabinet.

Tapi, sebagian kerja Merkel akan dilakukan di kediamannya. Sejumlah agenda yang terpaksa dibatalkan termasuk kunjungan ke Polandia minggu ini. Kanselir Jerman juga tak jadi menyambut kedatangan Perdana Menteri Luksemburg yang baru, Xavier Bettel, di Berlin.

Baru-baru ini mantan juara balap Formula 1, Michael Schumacher, juga mengalami kecelakaan saat bermain ski di Prancis. KSchumacher berada dalam kondisi kritis setelah kepalanya terbentur batu. Dan tragisnya, Merkel mengaku terpukul saat mendengar Schumacher celaka. Kini ia mengalami tragedi yang sama, meski tak fatal.(Ein/Yus)

Baca juga:

Kanselir Jerman Sangat Terpukul Dengar Schumacher Kecelakaan
Parah, Kebiasaan `Ngaret` Presiden Putin Jadi Sorotan
Edward Snowden: Misi Sudah Selesai, Aku Puas dan Menang...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.