Sukses

Pemburu Klaim Bunuh Bigfoot, Begini Penampakannya?

Rick Dyer "si Pemburu Sasquatch" mengklaim menemukan dan menembak mati Bigfoot.

Seorang pria Amerika Serikat mengklaim telah menemukan dan membunuh makhluk mistis Bigfoot. Dia juga mengaku punya bukti. Berupa foto.

Situs Huffington Post melaporkan, Rick Dyer "si Pemburu Sasquatch" mengklaim menangkap dan membunuh Bigfoot September 2012 lalu, ia juga memutuskan mengunggah foto tangkapan besarnya itu dan menunjukkannya pada dunia.

Rick mengklaim di situsnya, ia menangkap makhluk itu di San Antonio, Texas, menggunakan iga babi sebagai umpan. Ia lalu mengaku membunuh Bigfoot setinggi lebih dari 7 kaki atau lebih dari 2 meter itu. Sementara jasad 'monster' itu ia simpan.

Namun, banyak yang skeptis atas klaim Rick Dyer. Apalagi, pada 2008 lalu ia pernah juga mengklaim membunuh Bigfoot. Namun, klaim tersebut ternyata palsu -- hanya seorang temannya yang pakai kostum kera dari karet. Namun, kali ini, ia bersikukuh Bigfoot bernama 'Hank' itu nyata.

Kepada stasiun televisi Amerika Serikat KSAT, ia mengklaim, makhluk itu nyata. "Setiap tes yang bisa Anda bayangkan, telah dilakukan pada jasad itu -- dari tes DNA sampai pemindaian optik 3D," kata Rick seperti dikutip News.com.au, Senin (6/1/2014). "Ini nyata. Itu adalah Bigfoot dan Bigfoot ada di sini. Aku telah menembaknya dan aku membuktikannya pada dunia."

Rick bahkan akan menyelenggarakan konferensi pers dalam beberapa hari mendatang. Ia juga berniat memamerkan hasil tangkapannya ke publik.

Sebelumnya, sekelompok tim peneliti Bigfoot di Texas memutar sejumlah klip pendek, yang mereka deskripsikan sebagai "video HD yang belum pernah disaksikan sebelumnya" yang menampilkan makhluk serupa kera.

Makhluk dalam video klip pendek, kasar, dan tak fokus itu, terlihat seperti manusia, seperti figur berbulu yang bergerak di antara pepohonan di area Kentucky.

Di tengah sikap publik yang skeptis soal mahluk Bigfoot, para ahli yang tergabung dalam The Sasquatch Genome Project telah mengeluarkan dana sebesar US$ 500 ribu atau Rp 5,75 miliar untuk mengumpulkan data dan bukti selama 5 tahun.

Sebelum klaim Rick muncul, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka dengan Bigfoot, mahluk misterius yang konon berbadan besar, setinggi 2,5 meter, berat 400 kilogram, dengan bulu menutupi sekujur tubuhnya. Meski penampakannya kerap dilaporkan di Amerika Utara, Amerika Serikat dan Kanada, sejak Abad 19.

Hanya tapak kaki besarnya yang bisa ditemukan. Di Amerika Utara, ia juga dikenal dengan nama lain yakni Sasquatch.

Makhluk serupa juga ditemukan di belahan dunia lain, dengan sebutan Yeti di Tibet dan Nepal, Yeren di China dan Yowie di Australia.

Bigfoot selama ini dianggap sebagai kombinasi dari cerita rakyat, kesalahan identifikasi, dan tipuan alias hoax.  (Ein/Sss)

Baca juga:

Ilmuwan Inggris: Makhluk Mistis Yeti di Himalaya Ternyata ...

Tim Peneliti AS Beber Keberadaan `Monster` Bigfoot

Sosok Makhluk Misterius Terekam Kamera di Kanada, Bigfoot?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.