Sukses

Ruwatan Massal Nelayan dan Petani Batang

Ribuan nelayan dan petani dari 18 kecamatan di Batang dan Pekalongan, Jateng, menggelar ruwatan massal mensyukuri hasil panen serta hasil tangkapan ikan. Acara ini juga diramaikan pementasan seni.

Liputan6.com, Batang: Ada banyak cara menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan. Salah satunya dengan ruwatan. Upacara adat ini juga dilakukan ribuan nelayan dan petani dari 18 kecamatan dari Kabupaten Batang dan Pekalongan, Jawa Tengah, baru-baru ini. Mereka mengucap syukur atas hasil panen serta hasil tangkapan ikan.

Salah satu rangkaian ruwatan massal adalah menggelar pentas seni dari berbagai daerah. Pementasan kali ini lebih istimewa, karena ada kesenian barongsai dan reog. Bagi para petani dan nelayan, anugerah hasil panen dan melaut yang melimpah harus disambut dengan kegembiraan dengan berbagai atraksi.

Kemudian mereka membagikan hasil panen dan tangkapan ikan. Sebelum dibagikan, makanan itu diberi doa keselamatan terlebih dahulu. Selain membagikan hasil panen dan tangkapan ikan, mereka juga membuat ribuan boneka dari jerami. Boneka itu dipasang di sepanjang pinggir jalan. Kira-kira panjangnya empat kilometer. Boneka ini sebenarnya berfungsi untuk mengusir burung.

Puncak prosesi upacara ini adalah arak-arakan berbagai hasil panen dan hasil melaut. Prosesi ini dilakukan secara marathon selama satu minggu untuk menjangkau seluruh kampung.(DNP/Yudi Sutomo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini