Sukses

6 Teroris Didor, Kapolri: Kami Tak Ingin Ada Korban Jiwa

Kapolri Jenderal Pol Sutarman menegaskan, pihaknya telah melakukan penggerebekan sesuai prosedur.

6 Terduga teroris ditembak mati saat digerebek Densus 88 Anti-teror Polri di Jalan H Dewantoro Gang H Hasan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Kapolri Jenderal Pol Sutarman menegaskan, polisi telah melakukan penggerebekan sesuai prosedur.

"Tewasnya teroris di Ciputat tidak kita kehendaki bersama. Saya tegaskan, Polri juga tidak menghendaki adanya korban jiwa, baik yang ada di pelaku terorisme maupun anggota Polri. Kami sudah melakukan semua langkah sesuai prosedur," ujar Sutarman di Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/1/2014).

Sutarman mengaku, banyak penilaian negatif terhadap institusinya terkait penggerebekan tersebut. Namun, Sutarman menegaskan, langkah-langkah persuasif sebelumnya sudah dilakukan di lokasi baku tembak.

"Dalam penyergapan teroris itu yang tahu persis saya. Karena mulai dari tahap awal saya di situ. Tapi kan orang itu tahunya dari apa yang dia dengar dan baca dari media. Sehingga dia bisa saja menilai dari berbagai aspek," ujar Sutarman.

Polri, kata Sutarman, sudah melakukan langkah-langkah secara soft dengan meminimalisir korban tewas. Maka itu, Sutarman menegaskan kehadirannya di lokasi kejadian saat baku tembak terjadi untuk memastikan minimnya korban jiwa.

"Makanya kita memerlukan waktu lama itu adalah melakukan negosiasi agar mereka menyerah," sambung Sutarman.

Sutarman menyatakan, jika saat negosiasi persuasif, para terduga teroris mau mengikutinya, ia menjamin tidak akan ada baku tembak yang menyebabkan korban jiwa.

Bila menyerah, akan diproses hukum. Tetapi sayang, kata Sutarman, para terduga teroris itu bertahan dan melakukan perlawanan. "Maka dilakukan tindakan-tindakan penegakan hukum," ucap Sutarman.

Para terduga teroris tersebut memang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atas beberapa penembakan terhadap anggotanya pada tahun 2013 silam.

"Mereka ini adalah DPO kita setelah kita melakukan olah TKP di Cirendeu, Ciputat, Pondok Aren dan depan KPK," tandas Sutarman.

Keenam terduga teroris telah dimakamkan. 1 Di antaranya dikebumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kampung Leuwianyar, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. 5 Lainnya dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur. (Riz/Ism)


Lihat juga:
[VIDEO] Kompolnas Nilai Penggerebekan Teroris Sesuai Prosedur
Batu Tanpa Nama di 5 Makam Terduga Teroris Ciputat
[VIDEO] Teriakan Perlawanan Saat Pemakaman 6 Terduga Teroris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini