Sukses

Survei: Jokowi `Top Skor` Ranah Digital Sepanjang 2013

"Temuan pertama ialah Jokowi menjadi 'Top Skor' di ranah digital sepanjang 2013."

Hasil riset sosial media oleh Prapancha Research (PR) terhadap calon-calon Presiden yang dijagokan partai politik pada pertarungan di Pilpres 2014, menyatakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berada di posisi teratas alias Top Skor jika dibandingkan tokoh politik lainnya. Hal itu berdasarkan perbincangan jejaring sosial sepanjang tahun 2013.

"Temuan pertama ialah Jokowi menjadi 'Top Skor' di ranah digital sepanjang 2013. Melalui pantauan terhadap perbincangan jejaring sosial perihal capres," kata Peneliti Senior PR Devie Rahmawati dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com yang dimuatSenin (6/1/2014)

Dijelaskan Devi, meski perbincangan sebagian capres ada Prabowo Subianto, Megawati Sukarno Putri, Aburizal Bakrie, dan Wiranto, bila digabungkan, jumlahnya hanya 16 persen atau sebanyak 1.3 juta perbincangan. Dibandingkan dengan Jokowi sendiri yang mencapai 84% atau sebanyak 6.9 juta perbincangan.

"Berdasarkan temuan ini, diprediksi bila Jokowi maju sebagai capres dan tak ada peristiwa besar berarti yang mengganggu reputasinya, Jokowi diprediksi akan memperoleh suara terbanyak," ungkap dia.

Sedangkan sampel tokoh melalui Jokowi, diperbincangkan 15.800 kali dengan perbincangan untuk memilih Jokowi sebesar 8.700 perbincangan.

Tokoh lain yang diriset oleh PR ialah Dahlan Iskan yang dibicarakan sebanyak 1.430. Namun hanya 600 perbincangan yang membahas tentang keinginan untuk memilih Dahlan.

"Begitu juga dengan Anis Baswedan yang dibicarakan sebanyak 202 kali, hanya 43 perbincangan tentang akan memilih Anis Baswedan," beber Devi.

Hasil riset lembaga PR itu didapat dari sosial media yang dilakukan sejak periode 1 Januari 2013 hingga 27 Desember 2013. (Tnt)

Baca juga:
Survei Cyrus: Jokowi Teratas, Megawati dan JK Stagnan
Disebut `Capres Setengah Dewa`, Jokowi: Saya Masih Makan Nasi
Survei: Capres Muda Lebih `Laku` Dibandingkan Capres Tua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Capres