Sukses

Pesawat Mendarat Darurat di Bandara Madinah, 29 Penumpang Cedera

Pendaratan darurat itu membuat semua penerbangan dari dan menuju Bandara Madinah ditangguhkan selama 24 jam mendatang.

Pesawat maskapai penerbangan Saudi Arabia melakukan pendaratan darurat di Bandara Kota Suci Madinah, Arab Saudi Minggu 5 Januari 2014 pagi waktu setempat. Akibat pendaratan di bagian barat Arab Saudi yang tak diduga itu, 29 orang mengalami cedera.

"Pesawat Saudi Arabia yang berangkat dari Bandara Mashhad di Iran itu hendak menuju Bandara Pangeran Mohammad bin Abdulaziz International di Madinah -- kota paling suci kedua dalam Islam di mana Nabi Muhammad dimakamkan-- mengalami masalah teknis. Mengakibatkan harus dilakukan pendaratan darurat, yang membuat 29 penumpang luka-luka," tegas pihak Saudi General Authority of Civil Aviation (GACA) seperti dimuat Voice of Russia yang dikutip Liputan6.com, Minggu (5/1/2013).
 
Penerbangan Pesawat Saudia SV2841 berpenumpang 315 orang itu, lanjut pihak GACA, mengalami masalah pada bagian roda belakang di sisi kanan pesawat, dan mendarat di landasan tanpa pemberitahuan," jelas GACA dalam sebuah pernyataan berbahasa Arab yang diposting di kantor berita resmi kerajaan Arab Saudi.

Menurut GACA, beberapa penumpang yang cidera akibat panik berebut keluar pesawat.

"Pasca-evakuasi dan akibat penumpang yang saling dorong satu sama lain, 29 luka-luka. 11 Dari mereka dibawa ke rumah sakit. Sementara 18 lainnya mengalami luka ringan dan dirawat di klinik bandara,"  tambah pihak GACA.

Terkait pendaratan darurat itu, sementara ini semua penerbangan dari dan menuju Bandara Madinah ditangguhkan selama 24 jam mendatang.

"Komite darurat telah melakukan tindaklanjut kecelakaan itu, untuk memantau kondisi para penumpang, menemukan alternatif yang sesuai untuk mereka serta memantau situasi pasca-kecelakaan," tulis pihak maskapai penerbangan Saudi itu dalam pernyataan yang dirilis melalui akun Twitter resmi perusahaan.

Sebelumnya, insiden serupa juga pernah terjadi di bandara itu pada Februari 2011. Ketika itu pesawat Boeing 747-300 milik maskapai penerbangan nasional yang tak disebutkan namanya, melayang-layang dari landasan pacu lebih dari 100 meter ketika akan melakukan pendaratan. Beruntung tidak ada korban luka. (Tnt)

Lihat juga:
[VIDEO] Pesawat Boeing 737 Jatuh, 50 Orang Tewas
Pesawat Mozambik yang Membawa 34 Orang Hilang, Kecelakaan?
Brak! Roket Bulan Milik China Ambrol dan Timpa 2 Rumah Warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.