Sukses

[VIDEO] Cerita Slank Soal Jokowi dan Kursi Stadion

Jokowi bagi Slank bukanlah sosok yang asing. Jauh sebelum menjejak Jakarta, mantan Walikota Solo itu sudah sangat dekat dengan Kaka Cs.

Grup band Slank tak sekadar peduli soal musik dan seni, mereka juga bisa diajak bicara soal politik. Kendati sepanjang berdirinya grup band ini tak pernah bersentuhan dengan politik, kecuali dalam menulis lirik lagu, Slank menegaskan kepeduliannya terhadap kondisi politik Tanah Air, termasuk para politisinya.

Saat Liputan 6 SCTV menyambangi markas Slank di Jalan Potlot, Jakarta, belum lama ini, 5 personelnya yaitu Kaka, Bimbim, Ridho, Ivanka dan Abdee bercerita banyak soal politik. Mereka lancar bertutur soal capres, korupsi, pemilu serta tokoh yang mereka idolakan untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.

Tak cuma punya daftar lagu favorit, Slank ternyata juga punya daftar tokoh yang menurut mereka punya track record bagus di masyarakat. Daftar itu kini memuat puluhan nama tokoh dari beragam latar belakang.

"Kita punya daftar sekitar 40 orang tokoh. Setiap ada pembicaraan tentang seorang tokoh, Slank langsung mencari tahu lebih banyak tentang sosok sebenarnya," ujar Bimbim seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (5/1/2014).

Tak sembarang orang bisa masuk dalam daftar itu karena ada seleksi ketat. "Kriterianya dia harus bersih, bergaya hidup sederhana, peduli dan berani," lanjut Bimbim.

Tapi, kata drumer Slank ini, ada pula tokoh yang sudah masuk daftar mental lagi karena tidak konsisten "Kita pernah masukin daftar seorang tokoh, tapi kemudian dia jalan-jalan keluar negeri, kita coret," tegasnya.

Sedangkan tentang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, para personel Slank mengaku sudah mengenal yang bersangkutan sejak masih menjabat sebagai Walikota Solo, Jawa Tengah.

"Sejak 3 tahun sebelum jadi gubernur kita sudah kenal di Solo, kita mengenalkan diri karena penasaran dengan sosoknya," ujar sang vokalis Kaka.

Banyak pengalaman Slank bersama Jokowi yang membekas, seperti saat diajak makan malam dan kerelaan Jokowi memberikan kursi di stadion kepada Slank.

"Ketika itu kita nonton pembukaan kompetisi IPL di Solo. Kursi buat Slank ternyata sudah ada yang mengisi. Ketika Jokowi tahu, dia dan pejabat Kota Solo lainnya memberikan kursi kepada Bunda dan Slank, Jokowi sendiri kemudian nonton sambil duduk di bawah," tutur Bimbim.

Merasa sangat paham tentang Jokowi, semua personel Slank menilai apa yang dilakukan mantan Walikota Solo itu bukanlah pencitraan. "Masyarakat sudah pintar melihat apakah itu pencitraan yang jujur atau pura-pura," pungkas gitaris Slank, Abdee.

Untuk mengetahui selengkapnya obrolan dengan Slank dalam program Sisi Lain, silakan simak video di bawah ini. Selamat menyaksikan. (Ado)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.