Sukses

Suhu Dingin di AS Diperkirakan Tembus Rekor Terendah

Suhu dingin di sebagian wilayah AS diperkirakan semakin buruk dengan temperatur yang terus menurun dan bisa menembus rekor terendah.

Suhu dingin di sebagian wilayah Amerika Serikat diperkirakan semakin buruk dengan temperatur yang terus menurun dan kemungkinan menembus rekor terendah. Perkiraan cuaca menyebutkan temperatur di sebagian wilayah AS diperkirakan menembus -50 derajat Celcius dengan disertai udara dingin.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (5/1/2014), sejumlah negara bagian yang akan mengalami temperatur paling rendah di wilayah AS antara lain Ohio, South Dakota dan Illinois.

Temperatur ekstrim itu diperkirakan terjadi hingga Selasa mendatang. Jika itu terjadi, maka akan menjadi temperatur yang paling rendah selama 2 dekade atau sejak 1994 lalu.

Sementara di Kanada, temperatur terus menurun mencapai -29 derajat Celcius di Toronto dan -38 di Quebec City, dan merupakan yang terendah selama 2 dekade di wilayah tersebut.

Salju tebal juga menyelimuti, AS terutama di New York, Connecticut dan Massachusetts, yang menyebabkan sekolah ditutup, sistem transportasi terganggu.

Otoritas setempat telah memperingatkan warga untuk tinggal di dalam ruangan, demi keselamatan mereka dan agar pembersihan jalanan dari tumpukan salju dapat dilakukan tanpa hambatan.

Cuaca dingin ini disebutkan telah menyebabkan 16 orang tewas dan lebih dari 5.000 penerbangan tertunda, sejak Rabu 1 Januari 2014 lalu. (Ado)

Baca juga:
Sebagian AS dan Kanada Gelap Gulita Akibat Badai Es, 24 Tewas
Kanada Gelap Gulita Diterjang Badai Es, 300 Penerbangan Ditunda
Badai Musim Dingin Terjang New York, Sekolah Diliburkan
[VIDEO] Badai Salju `Serang` AS, 16 Orang Tewas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.