Sukses

Jokowi Susuri Bantaran Ciliwung di Acara Ultah Indosiar

Saar Jokowi tiba di lokasi, warga pun langsung mengerumuni Jokowi untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri acara kerja bakti bersih-bersih kali Ciliwung disekitar pintu air Tomang, jalan Inspeksi Tomang, Kanal Barat, Jati Pulo, RW 6 Jakarta Barat.

Pantauan Liputan6.com, dengan mengenakan kemeja putih, pria yang biasa disapa Jokowi itu tiba di lokasi pada pukul 08.15 WIB. Warga pun langsung mengerumuni Jokowi berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama, warga juga menyanyi dan meneriakkan yel-yel bertemakan 'bersih-bersih kali Ciwung' menyambut kedatangan Jokowi.

"Selamat datang, Bapak Jokowi. Selamat datang, Bapak Jokowi di kampung kami, di Jati Pulo..," ujar warga kompak menyanyikan lagu untuk Jokowi.

Jokowi pun kemudian dengan diikuti warga menyusuri jalan inspeksi Ciliwung menyusuri pinggir gang demi gang. Sesekali Jokowi tampak mengamati warga yang berada di bantaran kali dan perahu karet membersihkan sampah di permukaan kali. "Ini bagus sekali, harusnya rutin dilakukan seperti ini, supaya Jakarta tidak banjir terus," kata Jokowi kepada warga.

Acara "Aksi Ciliwung Bersih" ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara ulang tahun Indosiar ke-19. Acara itu sendiri bertujuan mendorong dan menggugah setiap orang untuk melakukan aksi-aksi gemilang bagi kota masing-masing.

Selain menggelar kerja bakti bersama, juga digelar lomba yang diikuti 19 kelompok yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung di wilayah Jati Pulo, Kota Bambu, dan Duri Kepa. Masing-masing tim saling berlomba membersihkan aliran dan sisi Ciliwung di 19 titik yang selama ini dialiri oleh sampah dan meluap ketika curah hujan meningkat.

Selain dihadiri oleh Jokowi acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Jakarta Barat Fatahillah Kepala Dinas Kebersihan Unu Nurdin, perwakilan dari istri-istri menteri kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Ratna Djoko Suyanto dan aktivis lingkungan hidup Erna Witoelar. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.