Sukses

Pimpinan Pesantren Lirboyo Akhirnya Mendukung Mega-Hasyim

Sikap Kiai Haji Idris Marzuki itu dinyatakan setelah menerima tim sukses Megawati-Hasyim. Sebelumnya, Idris menyatakan akan bersikap netral. Mega-Hasyim juga didukung masyarakat Kristen di Jatim.

Liputan6.com, Jakarta: Setelah sebelumnya menyatakan netral dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Kiai Haji Idris Marzuki akhirnya menyatakan mendukung pasangan Megawati Sukarnoputri dan Hasyim Muzadi. Pernyataan Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, itu disampaikan di hadapan para pengasuh ponpes se-Kediri di Ponpes Lirboyo, Sabtu (29/5). Sikap Kiai Idris ini pun didukung para pengasuh ponpes.

Sikap Kiai Idris itu pun tak lepas dari upaya tim sukses calon presiden dan calon wakil presiden Megawati-Hasyim yang mendatangi Ponpes Lirboyo. Anggota tim sukses Mega-Hasyim yang hadir, di antaranya Said Agil Siroj, Khatib Suriah Pengurus Besar NU, Kiai Haji Mutawakkil Alallah, pengasuh Ponpes Genggong, Probolinggo, dan Pimpinan Ponpes Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo, Kiai Haji Ali Mashuri.

Dukungan buat pasangan Mega-Hasyim juga datang dari masyarakat Kristen di Jawa Timur yang tergabung dalam Partai Kristen Indonesia. Bahkan, mereka telah membentuk Barisan Kasih Hasyim-Mega, baru-baru ini. Sebelumnya, mereka menilai lima pasangan capres-cawapres tidak ada yang ideal karena masing-masing memiliki pandangan berbeda. Namun, belakangan mereka menilai pasangan Mega-Hasyim memiliki kelebihan dibanding yang lainnya. Menurut mereka, Mega memiliki pandangan nasionalis dan Hasyim mempunyai pandangan ideologi yang cukup kuat.

Pasangan Mega-Hasyim juga sebelumnya telah mendapat dukungan dari Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung Kiai Haji Dudung Abdul Halim [baca: Ponpes Cipasung Mendukung Megawati-Hasyim]. Pernyataan itu disampaikan dalam acara istigosah kubra yang diikuti sekitar 2.000 ulama dan warga nahdliyin di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, belum lama berselang. Pernyataan itu adalah dukungan pertama yang dilakukan kalangan pesantren sejak deklarasi duet Mega-Hasyim.(DEN/Danang Sumirat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini