Sukses

Urai Macet Jakarta, Polda Usul `Kantung Parkir` Truk Kontainer

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurhadi Yuwono mengusulkan penyediaan kantung parkir khusus truk kontainer yang masuk ke Pelabuhan.

Banyak cara telah dilakukan kepolisian untuk mengurai kemacetan di Ibukota Jakarta. Seperti penutupan pintu tol yang kini sudah tidak diberlakukan lagi karena tidak efektif.

Namun banyaknya mobil yang beredar di Jakarta, menjadi salah satu faktor terjadinya kemacetan berulang. Belum lagi keluar masuknya kendaraan besar seperti truk kontainer saat melintas di jalur tol yang juga menjadi problem besar.

Terkait hal itu, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nurhadi Yuwono pun mengusulkan penyediaan kantung parkir khusus truk kontainer yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. Itu dilakukan, guna meminimalisir kemacetan di jam-jam sibuk di ruas tol.

Selain itu, kantung parkir juga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang diakibatkan supir kontainer mengantuk.

"Saya mau usulkan pembuatan kantung parkir di Merak dan Cikampek dari wilayah Barat dan Timur Jakarta, sehingga di tol tak terlalu padat," kata Nurhadi, Jumat (3/1/2014).

Nantinya, ketika kantung parkir tol sudah ada, pengaturan jam masuk ke dalam tol bagi kontainer pun akan diatur. Namun itu masih bersifat situasional di ruas tol itu sendiri. Dan untuk mengawasi masuk dan keluar tol, lanjut Nurhadi, akan ada CCTV di pintu tol dan sepanjang ruas tol.

"Itu (CCTV) untuk mengatur jam masuk kontainer pada waktu tertentu. CCTV juga akan memandu kontainer yang akan masuk secara bertahap. Kalau integrasi baik, saya yakin akan lancar," jelas Nurhadi.

Meski demikian, aturan tersebut tidak akan berlaku bagi truk pengangkut BBM dan sembako. Terkait usulan kantong parkir itu, pihaknya akan membahas rencana itu lebih lanjut pada Pemda Banten dan Pemkot Karawang, serta instansi lain. (Tnt/Ism)

Baca juga:
JLNT Casablanca Macet, Jokowi: Masyarakat Senang Pilih yang Macet
Dilarang Bawa Kendaraan ke Kantor, Lurah Susan Naik Kereta
Kendaraan Pribadi di Parkiran Walikota Jaksel Digembosi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini