Sukses

[VIDEO] Haul Gus Dur, Ribuan Orang Mengalir ke Tebuireng

Ribuan nahdiyin ataupun undangan dari berbagai daerah mulai mengalir ke Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Hari ini adalah puncak acara Haul ke-4 mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur digelar. Perhelatan berlangsung di dekat makam Gus Dur yang terletak di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (3/1/2014), sejak pagi tadi ribuan nahdiyin ataupun undangan dari berbagai daerah mulai mengalir ke Ponpes Tebuireng. Di pagi hari memang digelar acara khataman Alquran.

Diperkirakan, 5 ribu orang akan menghadiri haul tersebut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun dijadwalkan akan menghadiri puncak acara pada malam nanti.

Untuk antisipasi keamanan, usai salat Jumat, beberapa akses jalan menuju Pesantren Tebuireng juga akan ditutup. Adapun acara puncak Haul ke-4 Gus Dur akan diisi siraman rohani dan tausyiah. Presiden SBY pun dijadwalkan akan memberi sambutan.

Tak hanya kalangan Nahdlatul Ulama, haul `Bapak Bangsa` itu diperkirakan akan dihadiri banyak elite politik dan pemuka masyarakat. Selain tahun ini disebut sebagai `Tahun Politik`, Gus Dur pun terkenal sebagai tokoh pluralisme yang banyak menjembatani kepentingan berbagai golongan, terutama kelompok minoritas. (Ans/Ism)

Baca juga:

[VIDEO] SBY Hadir di Haul ke-4 Gus Dur Besok

[VIDEO] Tolak SBY, Sekelompok Mahasiswa Jombang Dihalau Polisi

Gus Dur Wafat Meninggalkan...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.