Sukses

[Resolusi 2014] Hidup Berfokus Wujudkan Resolusi

Sebuah resolusi juga dapat menjadi sebuah acuan yang sangat berguna jika kita benar-benar ingin meraih sesuatu yang berarti.

Citizen6, Yogyakarta: Beberapa saat sebelum 2013 berakihir, merupakan hal yang wajar jika banyak berseliweran kata-kata bertemakan resolusi dan harapan untuk tahun ke depan di media sosial seperti Facebook maupun Twitter. Kata-kata berhashtag #Resolusi2014 atau #2014 berkicauan di timeline saya.

Resolusi atau harapan mengenai tahun ke depan adalah hal yang sangat wajar dimiliki oleh setiap orang. Masing-masing pribadi sudah pasti mengharapkan hal yang lebih baik akan terjadi bagi dirinya di tahun ke depan daripada tahun yang sudah berlalu. Sebuah resolusi juga dapat menjadi sebuah acuan yang sangat berguna jika kita benar-benar ingin meraih sesuatu yang berarti. Ia ibarat target yang harus dicapai dalam perjalanan hidup kita setahun ke depan. Tapi, banyaknya kondisi yang terjadi, resolusi cuma menjadi sebuah kata-kata tanpa pernah diikuti oleh aksi yang berarti.

Penyebab utama dari resolusi yang tidak berhasil adalah sangat banyak orang pada masa sekarang beranggapan masa depan adalah sebuah hal yang terpisah dari masa kini. Orang-orang seperti ini mempunyai pemikiran, masa depan adalah suatu misteri yang tidak seorang pun tahu bagaimana wujudnya. Biasanya mereka juga menganggap masa depan itu selalu memiliki latar yang bagus terlepas dari apapun yang mereka kerjakan pada masa sekarang. Mereka seakan-akan menganggap, seburuk apapun hal yang mereka kerjakan pada masa kini tidak akan berpengaruh pada diri mereka di masa depan.

Mereka selalu punya pandangan, dirinya akan menjadi seseorang yang sangat sukses ketika sudah dewasa, padahal sekarang hal yang mereka lakukan hanya menyia-nyiakan masa sekolah yang sangat beruntung bisa mereka dapatkan. Hal seperti ini juga yang terjadi dengan resolusi-resolusi mereka. Karena sama seperti masa depan, resolusi yang kita rampungkan saat akan menghadapi tahun ke depan juga masih berupa tanda tanya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan harapan kita kelak di penghujung tahun 2014.

Bagaimana sikap kita di penghujung tahun kelak? Apakah  kita bisa dengan bangga melihat ke belakang karena resolusi yang telah tercapai, atau malah dengan acuh menganggap bahwa kegagalan yang kita capai adalah akibat dari takdir yang lagi-lagi belum memihak kita. Jika hal yang kedua terjadi, dapat dipastikan kita akan menyesal karena telah terlalu lama beranggapan, masa depan akan bekerja dengan sendirinya tanpa pernah melakukan sesuatu yang berarti di masa sekarang.

Mahatma Gandhi pernah berkata,"The Future depends on what you do today". Hiduplah setiap hari dengan berfokus untuk mewujudkan resolusi. Karena apapun yang kita capai di masa depan akan bergantung dengan apa yang kita kerjakan pada hari ini. The future starts the moment you open your eyes in the morning. (mar)

Penulis
Agung Barus
Yogyakarta, agungbaxxx@gmail.com

Baca juga:
[Resolusi 2014] Tahun Memperjuangkan Pergantian Status!
[Resolusi 2014] Lulus Kuliah dan Berbahagia
[Resolusi 2014] Mengurangi Tingkat Kepadatan Bangunan


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir
tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini