Sukses

Ahok Disuruh Jokowi Naik Sepeda dari Pluit

Alasan pertama Ahok bukan seorang PNS. Alasan lainnya jarak tempuh yang cukup jauh menjadi alasan tidak efektifnya dia bersepeda ke kantor.

Hari tanpa kendaraan bermotor bagi PNS DKI berlaku hari ini. Gubernur DKI Jokowi naik sepeda ke kantornya. Tapi Ahok, tetap naik mobil dinas karena rumahnya yang berada di Pluit, Jakarta Utara. Soal aturan ini, Ahok mengaku mendapat 'perintah khusus' dari Jokowi.

"Iya, dari kemarin juga beliau sudah nyuruh saya naik sepeda dari rumah, tapi dari segi keamanan bus di Harmoni juga penuh," ujar Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Ada 2 alasan Ahok memilih naik mobil dinasnya untuk menuju ke kantor. Pertama, instruksi gubernur itu hanya untuk para PNS. Sedangkan dirinya adalah Wagub. "Pertama, instruksinya saya juga paraf dan tidak disebutkan untuk wagub," ujar Ahok.

Kedua, soal jarak. Rumah dinas Jokowi bertempat di Menteng, hanya beberapa kilometer dari Balaikota. Sementara, kediaman berada di kawasan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara dinilai cukup jauh.

"Dari rumah ke sini pakai 20 menit. Saya tinggal di perum nggak ada bus, trus mobil pengawal ke belakang, nggak efisien. Saya pilih tetap naik mobil," kata Ahok.

Belum lagi kalau naik angkutan umum. "Kalau naik busway, harus ganti kendaraan 3 kali naik angkot dulu. Saya bilang di kawasan elite seperti kami tinggal, minimal 2 atau 3 kali ganti," katanya. (Rmn/Ism)

Baca juga:
Larangan Bawa Kendaraan Pribadi, Jokowi: Memulai dari yang Kecil
Naik Sepeda ke Kantor, Jokowi Pakai Baju Persija
Warga Minta Jokowi Setop Operasional Transjakarta di Car Free Day

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.