Sukses

Tenggelamnya KMP Munawar: Kapal Bocor Tetap Berangkat, 3 Tewas

Sejauh ini, 3 orang dinyatakan tewas, 36 orang selamat, dan puluhan lainnya masih dalam pencarian.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Munawar yang mengangkut puluhan penumpang dari dermaga penyeberangan Kayangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menuju Pototano pada tenggelam sekitar pukul 02.30 Wita tenggelam di Perairan Sumbawa. Akibatnya 3 orang tewas, 36 orang selamat, dan puluhan lainnya masih dalam pencarian.

"Kapal baru kami ketahui tenggelam pada pukul 04.00 Wita," kata Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan M Yasin, Jumat (3/1/2014).

KMP Munawar Ferry berangkat mengangkut penumpang dan barang dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano pada Jumat 3 Januari 2014 dini hari, sekitar pukul 02.45 Wita.

M Arawana, relawan Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) NTB yang tergabung dalam tim SAR menyebutkan, berdasarkan informasi dari sejumlah penumpang yang selamat, sejak berangkat dari Pelabuhan Kayangan, KMP Munawar Ferry sudah diketahui mengalami kebocoran.

"Penumpang sudah memberitahu petugas kapal tentang kebocoran itu, tapi tidak ada tanggapan yang berarti," ujar Arawana. Pada pukul 03.45 air laut akhirnya memenuhi bagian dek kapal, hingga penumpang yang berjumlah sekitar 150 orang mulai dilanda ketakutan. Suasana di kapal tercekam kepanikan luar biasa.

"Pada pukul 04.00 Wita, akhirnya KMP Munawar Ferry benar-benar tenggelam. Untungnya sebelum kapal tenggelam ke dasar laut, sekitar 90 persen penumpangnya berhasil diselamatkan dan dievakuasi oleh KMP Marina Kuintan yang sedang lewat di lokasi kejadian," ucapnya.

Sementara kendaraan bermotor yang diangkut kapal meliputi 6 truk, 4 mobil jenis bak terbuka, 8 minibus dan 15 sepeda motor, tidak dapat diselamatkan dan turut tenggelam bersama kapal ke dasar Selat Alas. "Saat ini, penumpang yang selamat tengah menjalani perawatan di Puskesmas Seteluk, Sumbawa Barat," ujar Arawana.

Tim SAR gabungan terdiri atas unsur Basarnas, TNI, Polri, RAPI NTB dan masyarakat setempat, kini masih sibuk melakukan upaya pencarian terhadap sejumlah penumpang yang belum ditemukan. (Ant/Riz/Ism)

Baca juga:

KMP Munawar Tenggelam di Perairan Sumbawa, 3 Orang Tewas
2 Jasad Bocah dan 1 Pria Korban KMP Munawar Tenggelam Ditemukan
[VIDEO] Kapal Gagal Berangkat, Ratusan Penumpang Telantar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.