Sukses

[VIDEO] SBY Hadir di Haul ke-4 Gus Dur Besok

Ribuan orang termasuk Presiden Yudhoyono akan menghadiri perhelatan Haul ke-4 Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Puncak acara Haul ke-4 K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur akan digelar di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, besok. Ribuan orang termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri perayaan empat tahun wafatnya Presiden ke-4 Indonesia tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV Petang, Kamis (2/2/2014), para santri Pesantren Tebuireng sedang menyelesaikan persiapan tahap akhir perhelatan besar itu sejak kemarin. Persiapan haul bahkan sudah berjalan sejak sebulan silam.

Acara haul sendiri sudah berlangsung sejak 22 Desember 2013, sedangkan puncaknya akan diadakan esok hari. Selain SBY, haul mendiang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dua periode tersebut bakal dihadiri banyak tokoh dan pemuka, terutama dari kalangan nahdiyin.

Besok, acara haul akan dipusatkan di dekat makam Gus Dur. Acara khataman Alquran selama 12 jam juga akan digelar hingga besok pukul 17.00 WIB. Dan malam harinya haul berlanjut dengan pengajian dan siraman rohani.

Beberapa akses jalan menuju Pesantren Tebuireng juga akan ditutup seusai salat Jumat, besok. Ini lantaran acara haul akan dihadiri Kepala Negara. Selain itu, haul akan dihadiri sekitar 5.000 tamu ataupun undangan.

Besarnya animo menghadiri haul Bapak Bangsa itu memang wajar. Ini mengingat Gus Dur terkenal sebagai tokoh pluralisme yang banyak menjembatani kepentingan berbagai golongan, terutama kelompok minoritas.(Ans/Yus)

Baca juga:

Yenny Wahid: Semoga Haul Jadi Langkah Penerus Perjuangan Gus Dur

Tokoh Lintas Agama Bali Terkesan dengan Sosok Gus Dur

Gus Dur Wafat Meninggalkan...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.