Sukses

Polri: Anton Otak Teror dan Ahli Merakit Bom

Setelah menangkap Anton, Dens us menggerebek sarang terduga teroris di Ciputat.

Terduga teroris Anton alias Septi yang dibekuk tim Densus 88 Polri di Banyumas, Jawa Tengah, punya keahlian merakit bom. Pria yang dibekuk Selasa 31 Desember 3013 itu juga sebagai perencana aksi teror.

"Dia ahli dalam perakita bom dia juga sebagai pelaksana dan perencana juga," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Anton, sambung Boy, merupakan bagian dari jaringan Abu Roban yang tewas di Batang pada Mei 2013 yang lalu. Namun Anton punya peran yang dominan dalam jaringannya ini.

"Lebih tepatnya otak kolektif tapi tidak secara khusus, mereka adalah bagian dari kelompok Abu Roban. Tapi dalam hal ini Anton lebih dominan," tutur Boy.

Setelah menangkap Anton, Densus menggerebek sarang terduga teroris di sebuah rumah kontrakan di Jalan KH Dewantoro gang H Hasan RT 4 RW 7, Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Sebanyak 6 terduga teroris tewas, 1 lainnya ditangkap dalam kondisi hidup. (Eks/Yus)

Baca juga:
Ciputat Jadi `Sarang Teroris`, Airin Usul Buat Polres Baru
Jasad 5 Terduga Teroris di Ciputat Ditemukan dalam Satu Ruangan
Tetangga: Kontrakan Terduga Teroris Dayat Berisik Setiap Malam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini