Sukses

[VIDEO] Pelajar Garut Pilih Latihan Militer untuk Isi Liburan

Mereka memulai kegiatannya dengan baris berbaris, latihan menembak, cara bertahan hidup di alam terbuka, serta belajar strategi perang.

Mengisi liburan tidak selalu dengan melakukan perjalanan wisata atau bersantai-santai. Waktu liburan juga dapat dihabiskan dengan melakukan hal-hal yang lebih menantang.

Seperti yang dilakukan ratusan pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) di Garut, Jawa Barat. Mereka memilih bergabung dengan Kodim 0611 Garut untuk mengikuti latihan kedisiplinan di alam terbuka.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (2/1/2014), ratusan siswa yang masih mengenakan seragam sekolahnya ini selama sepekan mengikuti pendidikan cuma-cuma latihan dasar kepemimpinan korps bela negara.

Ditempa di alam terbuka dan mendapatkan berbagai keterampilan dan pengetahuan ala militer, mereka memulai kegiatannya dengan baris berbaris, latihan menembak, cara bertahan hidup di alam terbuka, serta belajar strategi perang. Meski awalnya terlihat canggung, namun dalam beberapa jam saja ratusan siswa ini mulai mampu membiasakan diri.

Selain melatih keberanian fisik serta mental, dalam kegiatan ini mereka juga dibina agar kuat dalam menghadapi berbagai tantangan.

Tak hanya itu, kegiatan semacam ini selain bermanfaat untuk mengenalkan siswa akan wawasan kebangsaan serta kecintaan terhadap tanah air juga diharapkan dapat menghindarkan para siswa dari kegiatan negatif seperti tawuran.

Dan meski berbau militer, setiap tahapan kegiatan selalu mengedepankan kebersamaan dan keceriaan agar liburan para siswa tetap berkesan. (Gen/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini