Sukses

Biaya Festival Pariwisata 2013 Pemprov DKI Habiskan Rp 46 M

2013, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyelenggarakan lebih dari 260 festival dan menghabiskan dana APBD sebesar Rp 46 miliar

Dalam kurun waktu 2013, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan lebih dari 260 festival, termasuk Jakarta Night Festival (JNF) yang diadakan dalam rangka menyambut pergantian tahun pada 31 Desember 2013 semalam. Dari sekian banyak kegiatan tersebut, telah terserap dana sebesar Rp 46 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Rp 46 miliar (yang telah dikeluarkan). Karena tiada hari tanpa festival. Dan Jakarta memang harus terus dimeriahkan dengan festival-festival," ujar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budhiman saat dihubungi, Jakarta, Rabu (1/1/2014).

Kendati menghabiskan anggaran yang tidak sedikit, kata Arie Budiman, diharapkan penyelenggaraan sejumlah festival itu ke depannya mampu membentuk persepsi masyarakat mengenai Jakarta sebagai kota wisata. Sehingga hal tersebut juga dapat meningkatkan daya tarik  bagi wisatawan mancanegara maupun domestik untuk datang ke Jakarta

"Selama tahun 2013 telah terjadi lonjakkan kunjungan dari wisatawan (ke Jakarta) dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan terjadi bukan hanya dari wisatawan dalam negeri, tetapi juga pada wisatawan luar negeri," ungkap Arie.

Pada tahun mendatang, Pemprov DKI juga berencana terus menambah kegiatan kesenian dan festival terutama yang bertaraf internasional, serta melakukan berbagai agenda rutin yang bisa menjadi ciri khas kota Jakarta.

"Saya kira beberapa kalender event, acara-acara reguler yang juga berskala internasional tentu akan terus kami selenggarakan. Semua acara seni dan budaya akan terus kita lakukan, karena ini merupakan bagian dari city branded, bagaimana Jakarta mempromosikan dirinya di kawasan regional Asia Tenggara maupun Asia," demikian Arie.(Gen/Riz)

Baca Juga:

Jakarta Night Festival 2013, Jokowi: Lebih Baik, Nilainya 8

Jakarta Night Festival Menyisakan Sampah 20 Truk

Duet dengan Rhoma Irama, Jokowi Nyanyi Pakai Teks

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.