Sukses

Wakil Walikota Banda Aceh: Bubarkan Acara Tahun Baru!

Satpol PP dan WH kota Banda Aceh bahkan mengancam akan membubarkan perayaan tahun baru di Banda Aceh.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatu Hisbah (Satpol PP dan WH) Kota Banda Aceh terus melakukan razia terompet dan petasan menjelang malam pergantian tahun baru. Satpol PP dan WH kota Banda Aceh bahkan mengancam akan membubarkan perayaan tahun baru di Banda Aceh.

"Kita akan tindak tegas bagi yang merayakan, akan kita bubarkan. Kalau kita temukan ada yang membakar kembang api atau meniup terompet, akan kita sita!" ujar Wakil Walikota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal di Banda Aceh, Selasa (31/12/13).

Selain itu Wakil Walikota Banda Aceh beserta muspida, Satpol PP dan WH dibantu aparat kepolisian nanti malam juga akan melakukan razia. Razia akan digelar dari hotel ke hotel dan tempat hiburan lainnya.

"Kita akan tegas soal ini. Saya sudah koordinasi dengan Wakapolda, malam ini polisi akan turun untuk pengamanan di sejumlah titik dan bila ada keramaian akan kami bubarkan," tegas Illiza. Illiza menambahkan akan melakukan pembubaran pada setiap adanya konsentrasi masa, dan menindak tegas warga yang merayakan.

"Kita akan sita terompet maupun kembang api apa bila kita temukan, dan akan kita kembalikan setelah malam tahun baru, yang melawan akan kita amankan," tutur Walikota yang maju melalui Partai Kabah ini.

Perayaan malam tahun baru tersebut berdampak terhadap gangguan aqidah umat Islam di Aceh. Dari pandangan dan pendapat ulama, kata dia, perayaan malam Tahun Baru bisa berdampak terhadap aqidah umat Islam. "Kita punya tahun baru Islam sendiri," ujarnya.

Illiza mengajak masyarakat untuk berperan aktif dan dapat mematuhi seruan tersebut dengan tidak melakukan kegiatan dalam bentuk apapun di malam Tahun Baru. Karena isbaq para ulama menganggap perayaan tahun baru itu merupakan ritual agama sehingga umat muslim dilarang ikut merayakannya. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini