Sukses

Amankan Puncak Tahun Baru Jakarta, Satpol PP Dilarang `Nongkrong`

Malam tahun baru, Satpol PP harus menggunakan cara preventif atau pencegahan dan tidak diperkenankan untuk melakukan tindak kekerasan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso mengimbau agar seluruh anak buahnya fokus bertugas menjaga dan mengamankan pesta perayaan malam Tahun Baru di titik-titik yang sudah ditentukan. Terutama di area lokasi acara Jakarta Night Festival 2014 pada malam nanti yang tersebar di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat hingga Dukuh Atas.

"Kalian bukan sebagai penonton, kalian harus menjaga dan mengayomi masyarakat yang sedang merayakan malam tahun baru," kata Kukuh saat memimpin apel pengamanan tahun baru 2014 dan pengawasan tempat hiburan di halaman Balaikota Jakarta, Selasa (31/12/2013).

Sehingga, lanjut Kukuh, masyarakat yang akan merayakan pesta malam pergantian tahun baru tidak mengalami masalah. Ia juga mengimbau agar para anggotanya itu tidak hanya duduk-duduk manis saja di halaman gedung perkantoran sepanjang Jalan MH Thamrin.

"Agar saudara-saudara kita yang merayakan malam Tahun Baru tidak mengalami masalah. Risiko sekecil apapun harus kita hadapi. Tidak ada Satpol PP yang nongkrong-nongkrong dan merokok di halaman gedung orang," tegasnya.

Karena itu, untuk memastikan anggotanya tersebut bertugas dengan baik, maka dirinya akan terus memantau di setiap titik yang menjadi tempat pos-pos pengamanan Satpol PP.

"Nanti malam ada pawai yang dimulai dari Balaikota. Kalian harus menjaga acara yang dimaksud agar berlangsung dengan aman. Kalian harus membuat pagar betis untuk mengamankan acara yang dimaksud sehingga acara berjalan aman," tuturnya.

Terkait dalam pembatasan tempat hiburan malam, Satpol PP telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk mengawasi jam operasi sampai pukul 03.00 WIB.

"Terkait pengawasan hiburan malam. Harus dilakukan secara terpadu. Agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak mengganggu ketertiban umum," imbuhnya.

Oleh karenanya, ia memerintahkan agar Satpol PP menjagi garda terdepan dalam melakukan pengamanan. "Saya minta Satpol PP datang untuk yang pertama kali dan pulang yang terakhir. Selesai jam 1 malam kita tetap menjaga. Arus lalu lintas, menjaga ketertiban," tukasnya.

Dalam aksi pengamanan nanti, lanjut Kukuh, personel Satpol PP harus menggunakan cara preventif atau pencegahan dan tidak diperkenankan untuk melakukan tindak kekerasan. (Ein/ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.