Sukses

Sinkhole Raksasa Terbentuk di Inggris, Akibat Tambang Tua Runtuh?

Lubang runtuhan sepanjang 49 meter dan lebar 39 meter mendadak menganga di Desa Foolow.

Sebuah sinkhole raksasa muncul di wilayah Distrik Peak, Derbyshire, Inggris. Saksi mata menyebut, lubang runtuhan sepanjang 49 meter dan lebar 39 meter mendadak menganga di Desa Foolow.

Caver Mark Noble (58) dari wilayah Eyam mengatakan, ia melihat keberadaan lubang itu saat sedang berjalan kaki bersama istrinya, Wendy pada Hari Natal. Namun, pria paro baya itu yakin, tanah tersebut sudah runtuh sehari sebelumnya.

"Lubang itu cukup besar dan makin bertambah besar. Mungkin bertambah 10 persen sejak ia terbentuk," kata dia seperti dimuat BBC, 30 Desember 2013.

Caver mengatakan, di masa lalu, ia pernah menyaksikan sinkhole muncul di Foolow, yang diyakini sebagai akibat dari tambang timah tua yang ambrol.

"Sangat menarik, namun pernah ada dua lubang besar serupa lainnya yang muncul sekitar setengah mil jauhnya pada tahun 1970-an, jadi bukan hal yang baru," tambah Caver.

Diduga kuat sinkhole yang terbentuk di Desa Foolow diakibatkan hujan deras selama periode Natal.

Warga setempat percaya bahwa lubang aneh tersebut dipicu hujan lebat yang membuat bagian dari tambang timah tua Mill Dam runtuh.

Petugas layanan listrik langsung mendatangi lokasi sinkhole, setelah mendengar laporan 2 tiang listrik terhuyung dan oleng di kedua sisi lubang.

Meski belum ada kepastian soal penyebab, menurut British Geological Society, pertambangan dapat menjadi faktor penyebab sinkhole.

Sinkhole Telan Truk di Hawaii



Sinkhole juga terbentuk di Hawaii, Amerika Serikat. Lubang runtuhan yang terbentuk di tengah jalanan Big Island pada Senin pagi, menyusul cuaca buruk yang terjadi malam sebelumnya.

Seperti dimuat Hawaii News Now, Selasa (31/12/2013), petugas Pertahanan Sipil masih berada di lokasi dan memblokir ruas jalan  Pohakea Mauka.

Petugas masih melakukan perbaikan jalan, yang menjadi akses penghubung utama bagi sejumlah wilayah di sekitarnya.

Sementara, pengemudi truk pikap yang jatuh ke lubang sinkhole tidak terluka. "Namun, ia masih shock berat oleh insiden yang menimpanya," kata petugas. (Ein/Riz)



Baca juga:

Sinkhole `Telan` Empang di Bosnia, Warga: Pertanda Kiamat...

Laut Mati Terancam Lenyap `Ditelan` Sinkhole?

Ajaib! Terkubur 3 Jam dalam Sinkhole Pasir, Bocah 6 Tahun Selamat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini